Wakil Wali Kota Denpasar
Wakil Wali Kota Denpasar yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa membuka secara resmi Perkemahan Raimuna Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Denpasar Tahun 2022 (Raimuna Cabang Denpasar) dengan membunyikan Ketipung di Lapangan Desa Poh Gading Denpasar, Kamis (27/10/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wakil Wali Kota Denpasar yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa membuka secara resmi Perkemahan Raimuna Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Denpasar Tahun 2022 (Raimuna Cabang Denpasar) dengan membunyikan Ketipung di Lapangan Desa Poh Gading Denpasar, Kamis (27/10/2022). Kegiatan yang merupakan pertemuan antara Pramuka Penegak Pandega di seluruh Kota Denpasar ini merupakan momentum silaturahmi dan meningkatkan kemampuan diri.

Turut hadir Ketua ORARI Lokal Denpasar yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, I Wayan Mariyana Wandhira, Ketua Harian Kwarcab Denpasar, I Gusti Lanang Jelantik, Waka Bidang Humas, Dewa Gede Rai, Andalan Kwarcab Denpasar, DKC, Sangga Kerja serta seluruh peserta.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarcab Denpasar, I Gusti Lanang Jelantik didampingi Ketua Sangga Kerja Raimuna Cabang Denpasar, I Putu Ditya Aswinata Yasa menjelaskan, Raimuna Cabang Kota Denpasar Tahun 2022 ini mengangkat tema besar ‘Abhinaya Praja Sabakti Sahwahita’ yang merupakan gagasan Dewan Kerja Cabang (DKC) Denpasar. Dimana, kegiatan ini diikuti oleh 109 peserta yang merupakan perwakilan Pangkalan SMA/SMK dan Perguruan Tinggi se-Kwarcab Denpasar. Selain itu kegiatan ini juga turut melibatkan 28 orang Sangga Kerja yang berasal dari Dewan Kerja Ranting serta 2 orang pendamping yang merupakan utusan Kwarcab.

Lebih lanjut dijelaskan, pelaksanaan Raimuna tahun ini dikemas dengan enam kategori utama. Yakni Giat Umum, Giat Pengetahuan, Giat,  Rovering, Giat Lifeskil, Giat Permainan, Giat Lingkungan, Giat Kreatifitas dan Giat Festival.

Baca Juga :  Geobike Kaldera Toba #3 : Bersepeda Sambil Merawat Alam

“Raimuna Cabang Denpasar Tahun 2022 merupakan suatu alat Pendidikan informal serta wahana pertemuan besar pramuka penegak serta pramuka pandega, serta bhakti bagi pemuda dalam wadah gerakan pramuka,” ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan tahun ini dikemas secara kreatif dengan memadukan beberapa kegiatan yang bersifat edukatif, rekreatif, produktif serta menyenangkan. Sehingga mampu menggetoktukarkan pembinaan sikap serta prilaku peduli lingkungan generasi muda. Selain itu, pelaksanaan tahun ini difokuskan pada pengembangan diri pramuka penegak dan pandega. Hal in terdiri atas bidang fisik, mental, intelektual dan sepiritual sebagai seorang individu ataupun sebagai masyarakat.

Baca Juga :  Bocah 9 tahun di Buleleng Diduga Jadi Korban Persetubuhan 

“Kegiatan dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan materi yang terkandung didalamnya, sehingga diharapkan seluruh peserta mendapatkan kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas diri serta menemukan proses pembentukan jati dirinya,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Denpasar yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa memberikan apresiasi atas pelaksanaan Raimuna Cabang Denpasar Tahun 2022 ini. Dimana, pelaksanaan kali ini yang diikuti oleh pramuka penegak dan pandega dengan beragam latar belakang berbaur menjadi satu dengan spirit Bhineka Tunggal Ika dengan satu keluarga besar, yakni Kwarcab Denpasar.

“Ini merupakan momentum sebagai ajang silaturahmi dengan harapan para peserta mampu saling berbagi pengalaman antar pramuka penegak/pandega itu sendiri. Hal ini guna menciptakan generasi muda Indonesia yang terus mengasah kemampuan diri di bidang informasi dan teknologi, sehingga pertemuan ini selain berbagi pengalaman antar peserta juga diharapkan kegiatan ini mampu mencetak generasi muda yang handal, serta mumpuni dalam penguasaan teknologi informasi,” ujar Arya Wibawa.

Baca Juga :  Komit Wujudkan Pendidikan Bermutu, Peningkatkan Kesejahteraan Guru Jadi Prioritas

Melalui tema ‘Abhinaya Praja Sabakti Sahwahita’ Ka Kwacab Arya Wibawa berharap agar semua terus terdorong dan menawarkan untuk memupuk rasa ingin mencoba dan berani untuk melakukan hal yang baik serta tidak pernah putus asa dalam segala usaha, semangat, melatih kepemimpinan, inovatif, serta berbudi pekerti luhur

“Kalian adalah tunas dan kader pemimpin bangsa, kelak kalianlah yang akan mewujudkan cita-cita perjuangan para pahlawan dan pendahulu kita, tugas kalian semua untuk terus merawat, menjaga dan mematangkannya sehingga impian para pendiri negara ini dapat terwujud,” pungkasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini