Wali Kota Jaya Negara
Wali Kota Jaya Negara Serahkan Hadiah Lomba Bapang Barong Ket dan Makendang Tunggal. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pelaksanaan lomba Bapang Barong Ket dan Mekendang Tunggal yang berlangsung sukses dengan menetapkan sebanyak 4 pemenang untuk Lomba Bapang Barong Ket dan sebanyak 4 pemenang untuk lomba Mekendang Tunggal.

Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara, bersama Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, dan Kadisbud Kota Denpasar, Raka Purwantara menghadiri pelaksanaan lomba di hari ketiga sekaligus menutup dan menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba pada Sabtu (22/10/2022) malam.

Penyerahan hadiah yang dirangkai dengan pemutaran film dokumenter dan pementasan Tari Legong Bapang Durga yang dulu biasa ditarikan ‘Ni Polok’ salah satu legenda tari Bali dan kali ini di tarikan oleh maestro, Ni Ketut Arini.

Usai pelaksanaan lomba, Wali Kota Jaya Negara mengatakan Pemkot Denpasar menggelar Lomba Tari Bapang Barong Ket dan Mekendang Tunggal guna memberikan pembinaan dan pengembangan sekaligus pelestarian sebuah kesenian sakral khususnya tari barong yang ada di Kota Denpasar. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada para generasi muda menujukkan tekniknya serta memanfaatkan olah kreativitas tangan dalam permainan kendang.

Baca Juga :  Usai Arisan, Bhayangkari Ranting Marga Bakti Sosial di TPB Margarana

Jaya Negara menjelaskan nantinya para pemenang lomba, utamanya tiga besar terbaik, akan diberikan pembinaan lanjutan. Hal ini dalam rangka mempersiapkan seniman muda Kota Denpasar untuk menjadi Duta Kota Denpasar pada gelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) serta kompetisi lainnya.

Pihaknya juga mengajak seluruh peserta yang belum mendapatkan juara agar tidak patah semangat. Hal ini lantaran kegiatan serupa akan digelar secara berkelanjutan untuk memberikan wadah kreativitas bagi seniman muda Kota Denpasar.

Sementara Kadisbud Kota Denpasar, Raka Purwantara mengaku gembira dan bahagia lantaran Lomba Bapang Barong dan Mekendang ini mendapat respon besar dan tinggi dari anak muda dan pecinta seni bebarongan di Kota Denpasar.

Menurutnya, lewat lomba ini Kota Denpasar akan memiliki kader-kader penari barong yang handal untuk ditampilkan pada forum bergengsi di masa depan.

Adapun yang menjadi pemenang pada Lomba Bapang Barong Ket dan Mekendang Tunggal yakni untuk Lomba Bapang Barong, Juara I yakni pasangan nomor urut 17, Juara II yakni pasangan nomor urut 11, Juara III pasangan nomor urut 16, Juara Harapan I yakni pasangan nomor urut 13. Sedangkan untuk makendang tunggal Juara I nomor urut 15, Juara II yakni nomor urut 19, Juara III yakni nomor urut 17 serta Juara Harapan I dengan nomor urut 8.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini