Pramuka Bangli
Wabup Diar Lantik Mabiran, Pengurus Kwaran, LPK dan Dewan Kehormatan Kwartir Ranting se-Kwarcab Bangli. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bangli, melantik Mabiran, Pengurus Kwaran, LPK dan Dewan Kehormatan Kwartir Ranting se-Kwarcab Bangli, pelantikan dengan tema  ‘Semangat Pengabdian dan Soliditas Menuju Kwartir Ranting yang Kuat’, dan Motto ‘Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan’ tersebut dilaksanakan pada Sabtu (29/10/2022) bertempat di SMKN 1 Bangli.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bangli, Pengurus Kwarcab Bangli, Mabiran se-Kwarcab Bangli, Pengurus Kwaran, LPK dan Dewan Kehormatan Kwartir Ranting se-Kwarcab Bangli serta undangan lainnya.

Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bangli yang juga selaku Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangli, I Komang Pariarta dalam laporannya menyampaikan, Musyawarah Ranting Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bangli, merupakan forum tertinggi Gerakan Pramuka di tingkat ranting, untuk melakukan Pemilihan Ketua Kwartir Ranting dan Penyusunan Kepengurusan Kwartir Ranting masa bakti 2022-2027 serta menyusun Program Kerja Gerakan Pramuka 5 tahun ke depan.

Ia menambahkan melalui Musyawarah Ranting Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bangli Tahun 2022, para peserta dapat melakukan Evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan selama kepengurusan masa bakti 2017-2022, serta menyusun rencana Strategik Pramuka kedepan dengan memperhatikan Program Kerja Nasional, Program Kerja Daerah Bali, dan Program Kerja Cabang Bangli.

Baca Juga :  Kunjungan Ketiga Andre Taulany di Toya Devasya Natural Hot Spring

“Musyawarah Ranting Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bangli Tahun 2022, diselenggarakan di Kwartir Ranting Masing-masing, yang pertama pada Kamis, 27 Oktober 2022, Musyawarah Ranting dilaksanakan serentak di Kwaran Kintamani, Kwaran Susut dan Kwaran Tembuku, kemudian pada Jumat, 28 Oktober 2022 dilaksanakan Musyawarah Rantinng di Kwartir Ranting Bangli. Musyawarah Ranting yang dilaksanakan di 4 Kwartir Ranting se-Kwarcab Bangli telah berhasil memilih Pengurus Kwaran masa bhakti 2022/2027 beserta alat perlengkapannya. Selanjutnya hari ini Sabtu, 29 Oktober 2022, dilaksanakan Muswarah Paripurna dan Pelantikan Pengurus Kwaran terpilih Masa Bhakti 2022/2023,” imbuhnya.

Sementara itu Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bangli, dalam sambutannya menyampaikan, gerakan Pramuka merupakan organisasi yang berperan dalam mendidik dan membina kaum muda Indonesia sehingga menjadi manusia berkepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur.

Baca Juga :  Kabupaten Bangli Raih Penghargaan Realisasi Peningkatan PAD Tertinggi Tahun 2021

“Gerakan Pramuka Bangli telah berperan aktif membentuk watak, kepribadian, dan budi pekerti kaum muda Bangli,” ujar Diar.

Wabup Diar menambahkan, Pramuka Bangli juga telah berpartisifasi aktif dalam menangani bencana alam, membantu korban bencana, pemantauan pemilu, pelestarian alam, serta dimasa pandemic Pramuka Bangli terlibat sebagai sukarelawan penyemprotan disinfektan, tenaga treser dalam penanggulangan penyebaran Covid-19, serta memberikan bantuan sembako bagi masyarakat yang membutuhkan. Sebagai sebuah organisasi yang handal, maka Gerakan Pramuka Bangli harus terus memperbaharui program kerja serta energi kepemimpinan.

“Di tingkat Kecamatan Gerakan Pramuka yang dikenal sebagai Kwartir Ranting berdasarkan anggaran dasar dan rumah tangga Pramuka, wajib melaksanakn suksesi kepemimpinan setiap lima tahun sekali. Untuk itu pelaksanaan suksesi tersebut telah dilaksanakan musran se-Kwarcab Bangli pada 27-28 Oktober 2022 Musran telah berhasil memperbaharui program kerja, begitu juga pergantian pengurusnya. Sehingga tercipta organisasi Pramuka yang modern, professional, dan produktif bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Menindaklanjuti hal tersebut, maka pelantikan majelis pembimbing dan pengurus sangat penting dilakukan guna memberikan kepastian hukum tentang kepengurusan kwaran beserta alat kelengkapannya. Sehingga pengurus bisa mengambil Langkah-langkah strategis maupun taktis demi keberlanjutan Gerakan Pramuka Bangli yang maju, handal dan dicintai masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pramuka Peduli Kwarda Bali Genjot Pendidikan Kerelawanan Adhigana

Diharapkan Kwartir Ranting se-Kwarcab Bangli dibawah kepemimpinan Pengurus Baru mampu berperan aktif dalam pembangunan masyarakat di kecamatan khususnya dan di Kabupaten Bangli pada umumnya.

Wabup Diar juga berharap pengurus yang telah dilantik mampu bekerja giat dan professional sehingga melalui Program Kwaran mampu membawa Gerakan Pramuka Bangli semakin maju

“Kepada pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Ranting se-Kwarcab Bangli yang lama, saya mengucapkan banyak terima kasih atas dedikasinya baik untuk Pramuka, maupun untuk pembangunan daerah Kabupaten Bangli. Peran Pramuka telah terbukti mampu terdepan pembentukan karakter anak muda Kabupaten Bangli,” tutup Wabup Diar.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini