Nusa Dua
Triwulan III 2022, Occupancy Rate Hotel The Nusa Dua Capai Rata-rata 64,75 Persen. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, NUSA DUA – Selama Triwulan III tahun 2022, occupancy rate atau tingkat hunian rata-rata Kawasan The Nusa Dua, kawasan pariwisata yang dikelola oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia, tetap terjaga di atas dari 60%.

Tingkat hunian kawasan The Nusa Dua selama Juli – September 2022 tercatat secara berturut-turut sebesar 66,59%, 62,31% dan 65,35% atau rata-rata mencapai 64,75% selama 3 bulan, dengan jumlah kunjungan wisatawan mencapai 189.520 orang. Angka-angka ini meningkat dibanding tingkat hunian periode yang sama tahun lalu sebesar berturut-turut 8,17%, 5,19%, dan 10,94% atau rata-rata 24,3%, dengan jumlah kunjungan wisatawan sebesar 28.590 orang.

Dengan demikian, tingkat hunian rata-rata The Nusa Dua pada Triwulan III 2022 tumbuh hampir 700% dibandingkan Triwulan III tahun 2021. Sedangkan kunjungan wisatawan yang didominasi oleh wisatawan asing tumbuh juga sebesar 563%. Daerah Tujuan Wisata (DTW) Water Blow Peninsula yang merupakan salah satu spot wisata alam di The Nusa Dua, pada periode Juli – September 2022 mencatatkan kunjungan wisatawan mencapai lebih dari 17.000 orang.

General Manager The Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita mengatakan, bersyukur dapat kembali melihat pertumbuhan positif dari tingkat hunian kawasan The Nusa Dua yang kami kelola. Pihaknta melihat tingkat hunian rata-rata selama Triwulan III ini menunjukkan angka yang cukup stabil.

Baca Juga :  Peringatan HUT Ke-74  Satpol PP dan Ke-62 Satlinmas Provinsi Bali di Puspem Badung

“Selama tiga bulan terakhir The Nusa Dua telah berhasil mencatat tingkat hunian rata-rata di atas 60 persen yang didorong oleh peningkatan frekuensi penyelenggaraan Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) tingkat nasional dan internasional serta kegiatan kepariwisataan lainnya di Bali dan khususnya di kawasan The Nusa Dua,” ucap Ngurah Ardita.

Pada periode Juli – September 2022, beberapa event dan konferensi telah dilaksanakan di The Nusa Dua antara lain 3rd Finance and Central Bank Deputies Meeting and 3rd Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting,  3rd Annual Meeting SPINE20, G20 Ministrial Conference Woman Empowerment (MCWE), Supreme Audit Institution 20 Summit, G20 3rd Environmental Deputies Meeting and Climate Sustainability Working Group & Environment and Climate Ministerial Meeting, NXC International Summit 2022 serta event music UNIVLOX pada bulan Agustus, 3rd Energy Transition Working Group (ETWG), 4rd Education Working Group Meeting and Educations Minister, Food Hotel and Tourism Bali,  Healthcare Information and Management System Society (HIMSS), World Tourism Day 2022 serta Pasar Nusa Dua kedua pada September 2022.

Baca Juga :  Makin Berkah di Bulan Ramadhan, PLN Catat Ribuan Pelanggan di Bali Manfaatkan Promo Tambah Daya

Dalam beberapa bulan ke depan, sejumlah event telah terjadwal akan berlangsung di kawasan The Nusa Dua, diantaranya rangkaian event G20, B20, KTT Archipelago and Island State Forum (AIS) serta event music Nowplayingfest pada November 2022, serta 14th Esport World dan Bali Democracy Forum (BDF) pada Desember 2022.

“Kami optimis tingkat okupansi pada Triwulan IV akan mampu terjaga di atas 50% dengan padatnya agenda event yang akan berlangsung ke depan, khususnya menjelang KTT G20. Kami pastikan kawasan The Nusa Dua akan semakin meningkatkan pelayanan serta bersiap menyambut perhelatan KTT G20. Kami berharap bahwa peningkatan kegiatan pariwisata di The Nusa Dua dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan sektor parwisata dan ekonomi masyarakat Bali secara umum,” tutup Ngurah Ardita.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News