badung
Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta secara resmi membuka Lomba Baleganjur Melasti dan Lomba Mini Vlog yang diikuti Sekaa Teruna (ST) Kabupaten Badung, bertempat di Panggung Terbuka, Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Senin (24/10/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta secara resmi membuka Lomba Baleganjur Melasti dan Lomba Mini Vlog yang diikuti Sekaa Teruna (ST) Kabupaten Badung, bertempat di Panggung Terbuka, Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Senin (24/10/2022). Lomba yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Badung ini serangkaian memperingati Hari Sumpah Pemuda dan HUT Ibukota Badung, ‘Mangupura’ Ke-13 tahun 2022.

Bupati sangat mengapresiasi kegiatan lomba ini, karena disamping dapat melestarikan seni budaya yang ada, juga menjadikan sekaa teruna bagian dari ambassador dan sales mission badung untuk memberikan sebuah tatanan informasi melalui video visual yang menampilkan adat budaya Kabupaten Badung.

Dalam sambutannya Bupati Giri Prasta berterima kasih kepada Dinas Kebudayaan yang telah menggelar lomba baleganjur melasti dan mini vlog sebagai upaya menggali potensi kreativitas sekaa teruna serta melestarikan seni, adat, agama, tradisi dan budaya di kabupaten badung.

“Dengan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana, kami berkomitmen melestarikan adat, agama, tradisi, seni dan budaya. Badung boleh maju, tetapi dengan kemajuan Badung, jangan sampai menggerus akar adat dan budaya kita,” jelas Bupati, seraya menambahkan, dengan adat kita akan mendapatkan kehidupan yang kuat,  dengan agama kita akan mendapatkan kehidupan yang tertata, dengan seni kita akan mendapat kehidupan yang indah, dan dengan budaya kita akan mendapat kehidupan yang ada jati dirinya.

Baca Juga :  Wujudkan Tata Kelola Arsip dan Perpustakaan Berkualitas, Diskerpus Badung Gelar Bimtek bagi Perbekel dan Ketua TP PKK Desa

Bupati juga memberikan apresiasi kepada 30 peserta lomba baleganjur melasti dan 37 peserta lomba mini vlog. Para peserta diharapkan berjiwa besar atas hasil penilaian yang dilakukan oleh dewan juri, karena keputusan juri tidak bisa diganggu gugat. Begitu pula kepada dewan juri harus melakukan penilaian yang obyektif dan independen. Pada kesempatan tersebut, Bupati juga memberi tambahan hadiah bagi peserta. Hadiah ini akan direalisasikan pada anggaran induk tahun 2023. Untuk 30 peserta yang ikut lomba baleganjur melasti diberi tambahan hadiah motivasi masing-masing peserta Rp15.000.000. Juara 1, 2, 3, diberi seperangkat baleganjur. Sementara lomba mini vlog, dengan 37 peserta diberikan masing-masing Rp5.000.000. Juara 1, 2, 3, mendapatkan kamera yang bagus.

Kadis Kebudayaan Badung, I Gede Eka Sudarwitha menyampaikan, lomba baleganjur melasti dan lomba mini vlog dengan tema aku dan pesona budaya Badung ini digelar serangkaian memperingati hari Sumpah Pemuda dan perayaan HUT Mangupura Ke-13. Tujuan lomba guna meningkatkan kreativitas Sekaa Teruna di Kabupaten Badung, serta meningkatkan seni budaya sebagai akar pariwisata budaya di Badung. Lomba baleganjur melasti dilaksanakan selama dua hari, tanggal 24 dan 25 Oktober 2022. Grand final lomba mini vlog dilaksanakan pada 28 Oktober 2022.

Baca Juga :  Pandemic Winner, Ajik Cok Luncurkan Buku 'Pandemi Membawa Berkah'

Peserta lomba baleganjur melasti diikuti Sekaa Teruna masing-masing kecamatan di Badung, diantaranya, Kecamatan Petang 4 Sekaa Teruna, Abiansemal 7 Sekaa Teruna, Mengwi 7 Sekaa Teruna, Kuta Utara 5 Sekaa Teruna, Kuta 3 Sekaa Teruna dan Kuta Selatan 3 Sekaa Teruna dengan total 30 Sekaa. Peserta lomba mini vlog, Petang 8 Sekaa Teruna, Abiansemal 10 Sekaa Teruna, Mengwi 11 Sekaa Teruna, Kuta Utara 4 Sekaa Teruna, Kuta 3 Sekaa Teruna dan Kuta Selatan 1 Sekaa Teruna. Hadiah lomba, juara I mendapat uang Rp15.000.000, juara II Rp12.000.000, juara III Rp8.000.000 dan juara harapan 1, 2, 3, masing-masing Rp5.000.000.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News