giat bersih
Giat bersih sungai melalui program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) di wilayah Desa Sumerta Kaja pada Senin (24/10/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Memasuki musim penghujan dimana cuaca cenderung ekstrem dikhawatirkan timbul banjir apabila saluran air seperti sungai, got dan saluran drainase lainnya dipenuhi sampah sehingga menghambat arus air.

Seperti inisiatif dari Desa Sumerta Kaja pada Senin (24/10/2022) melakukan giat pembersihan got di wilayah nya melalui program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dengan menggerakan seluruh warga.

Perbekel Sumerta Kaja, I Gusti Ngurah Mayun dihubungi terpisah mengatakan bahwa pelaksanaan giat bersih sungai di wilayahnya ini sebagai bentuk inisiatif dan langkah antisipasi memasuki musim penghujan yang cenderung ekstrem belakangan ini.

“Melalui Program Karya Tunai Desa (PKTD) ini kami dan warga bersama-sama melakukan gotong-royong disepanjang sungai Guming, Desa Sumerta Kaja. Kami membersihkan sungai dari sampah dan tanaman liar yang sekiranya berpotensi menghambat arus air hujan,” ujarnya.

Baca Juga :  Mulai Tanggal 1 Juli Desa Sumerta Kaja Wajibkan Masyarakat Memilah Sampah dari Rumah

Ditambahkannya, besar harapan Pemerintah Desa Sumerta Kaja bahwa inisiatif dan  langkah antisipasi ini dapat menghindari wilayahnya dari bencana banjir atau genangan yang amat mungkin terjadi dimusim penghujan seperti sekarang.

“Tentu agar nantinya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti timbul korban jiwa atau rusaknya infrastruktur. Kegiatan semacam ini akan terus kami laksanakan dan kami evaluasi agar semakin efektif kedepannya,” tegas Mayun.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini