Denpasar
Suasana Pelatihan Evakuasi dan Penyelamatan Penumpang Lift oleh BPBD Kota Denpasar pada Senin (17/10/2022) pagi di Gedung Graha Sewaka Dharma (GSD), Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Lift atau Elevator sebagai alat bantu angkut manusia yang sangat penting dalam satu bangunan, sehingga faktor keselamatan dalam pengoperasiannya hendaknya menjadi prioritas. Untuk itulah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar menggelar Pelatihan Evakuasi dan Penyelamatan Penumpang Lift pada Senin (17/10/2022) pagi di Gedung Graha Sewaka Dharma (GSD), Denpasar.

Pelatihan ini merupakan hasil kerjasama BPBD Kota Denpasar bersama Ketua Komisi I DPRD Kota Denpasar, Ketut Suteja Kumara yang hadir sebagai pembicara bersama Eko Hariyadi dari PT. Mitra Elesca Raya. Hadir juga Sekretaris BPBD Kota Denpasar, Ardy Ganggas beserta jajarannya.

Baca Juga :  Wabup Diar Hadiri Pembukaan Bulan Bakti Forum Pengurangan Risiko Bencana Provinsi Bali Tahun 2022

Sekretaris BPBD Kota Denpasar, Ardy Ganggas mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab BPBD Kota Denpasar dalam mengantisipasi terjadinya bencana non alam seperti salah satunya terjebaknya orang akibat tak berfungsinya elevator atau lift dengan baik. “Beberapa kejadian yang belakangan terjadi mengilhami kami untuk bersinergi dengan sejumlah pihak yang kompeten salah satunya dengan Ketua Komisi I DPRD Kota Denpasar, Ketut Suteja Kumara yang kebetulan memiliki basic pengetahuan memberi pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

“Kami libatkan sekitar 40 anggota dari seluruh pos sebagai peserta pelatihan ini agar nanti saat terjadi peristiwa orang terjebak lift anggota kami dapat langsung merespon untuk melakukan pertolongan dan penyelamatan,” ujar Ardy Ganggas.

Baca Juga :  Rai Mantra Tinjau Pelaksanaan UN Tingkat SMP di Kota Denpasar

Ditambahkannya, kedepan pihaknya akan terus melakukan peningkatan kompetensi bagi anggota dalam kaitannya melakukan penyelamatan saat terjadi bencana atau kegawatdaruratan.

“Dalam konteks penyelamatan penumpang terjebak lift ini, pihak kami akan berkoordinasi dengan stakeholder terkait lainnya dalam mempetakan kondisi kelayakan lift yang beroperasi di Kota Denpasar,” tegasnya.

Sementara itu, Ketut Suteja Kumara yang hadir sebagai pembicara menekankan pentingnya faktor keselamatan dalam pengoperasian lift atau elevator dalam suatu bangunan.

“Para pengelola harus sigap bila terjadi masalah dalam lift, seperti harus menyiapkan peralatan penunjang dalam melakukan pertolongan pertama dan operator harus standby dalam mengawasi telepon darurat serta memperhatikan kelengkapan keselamatan dalam lift tersebut. Untuk itulah kegiatan edukasi seperti ini menjadi penting untuk meningkatkan kompetensi petugas baik pengelola maupun Instansi yang bertugas melakukan penyelamatan,” jelas pria yang juga merupakan Ketua Komisi I DPRD Kota Denpasar ini.

Baca Juga :  Kasus Penganiayaan Orang di Limpahkan

Usai pemaparan teori dilanjutkan dengan simulasi dan praktek penyelamatan orang terjebak dalam lift.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini