feb unud
Tim Asesmen Lamemba Lakukan Akreditasi pada Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (FEB Unud) dikunjungi oleh Tim Asesmen Lapangan Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) dalam rangka akreditasi program studi bertempat di Gedung MM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unud Kampus Sudirman Denpasar, Kamis (13/10/2022).

Tim asesor yang hadir dalam kesempatan ini adalah Prof. Drs. Waridin, MS.,Ph.D (Universitas Indonesia) dan Prof. Dr. Nasikh, M.P., M.Pd (Universitas Negeri Malang). Turut hadir dalam kegiatan ini Rektor Unud, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Kepala USDI, Kepala UPT Perpustakaan, Sekretaris LPPM dan LP3M, Ketua Senat FEB, Dekan FEB, Para Wakil Dekan FEB, Para Guru Besar di Lingkungan FEB serta undangan lainnya.

Rektor Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU dalam sambutannya mengharapkan agar kedatangan Tim Asesor ke Unud dapat memberikan sesuatu untuk mengembangkan Unud, menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang. Rektor juga menyampaikan keberadaan Kampus Unud yang berada di 3 lokasi yang saat ini telah berusia 60 tahun.

Berbagai program sedang dilaksanakan diantaranya, proyek yang sedang berjalan di Unud, jumlah fakultas, jumlah mahasiswa, dosen, pegawai di Unud, jumlah program studi yang telah terakreditasi internasional, unggul, A dan B.

Baca Juga :  Wakil Gubernur Bali Dukung Penuh Seminar Nasional FTP Unud 2022

Rektor mengucapkan terima kasih kepada FEB Unud beserta jajarannya karena telah mengembangkan banyak sekali indikator kinerja utama untuk Unud. Tentu pengembangan lembaga di FEB, akreditasi internasional dan lulus tepat waktu juga menjadi salah satu target utama. Unud secara keseluruhan saat ini memiliki 13 Program studi Doktor dan diharapkan semuanya dapat tumbuh kembang dengan kwalitas yang lebih baik. Dengan demikian proses akreditasi ini tentu akan memberikan pelajaran, bagaimana meningkatkan kualitas penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi secara umum.

Hal lainnya yang disampaikan Rektor Lembaga di lingkungan Unud diantaranya LPPM, LP3M, Perpustakan, USDI maupun yang lainnya, yang telah berkinerja dengan baik, sehingga bisa memberi dampak  terhadap semua Program Studi yang ada di Unud untuk menuju akreditasi yang lebih tinggi lagi.

Baca Juga :  Komisi Akreditasi Rumah Sakit Lakukan Re-Akreditasi Rumah Sakit Universitas Udayana

Universtias Udayana yang saat ini adalah universitas  BLU sejak tahun 2012, dan saat ini sedang melakukan perubahan yang mendasar tata kelola perguruan tinggi menjadi PTNBH.

“Semua sudah kita lakukan termasuk penyusunan proposal yang segera akan kita upload dan di ajukan ke kementerian, sehingga harapan saya paling lambat tahun depan Unud sudah ber PTNBH,” ujar Rektor.

Dengan ber PTNBH banyak sekali yang bisa kita lakukan terutama yang berkaitan dengan peningkatan kualitas layanan perguruan tinggi kepada masyarakat,  tentunya di situ ada efisiensi, otonomi, kemandirian perguruan tinggi, dan yang lainnya.

Pengajuan Unud sebagai PTNBH ini segera bisa berprose,s sehingga nanti di Indonesia Timur ada dua universitas yang berstatus PTNBH yakni Universitas Hasanudin di Makasar dan Universitas Undayana di Bali. Manakala nantinya sudah berstatus PTNBH ke dua universitas tersebut diharapkan bisa menjadi perguruan tinggi pembina bagi perguruan tinggi lainnya yang belum berstatus PTNBH pada perguruan tinggi di Indonesia Timur.

Baca Juga :  Tinjau Kesiapan sebagai Rumah Sakit Rujukan G20, Menko PMK RI Kunjungi RS Universitas Udayana

Sementara itu Tim Asesor Prof. Drs. Waridin, MS.,Ph.D menyampaikan kehadirannya ke Universitas Udayana dalam rangka pelaksanaan tugas dari LAMEMBA untuk melakukan asesmen pada Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi Unud. Kami akan mencoba memotret dengan sebaik baiknya dan akan berusaha seobyektif mungkin untuk bekerja secara profesional dalam kegiatan asesmen lapangan hari ini.

“Semoga asesmen lapangan ini berjalan dengan baik dan lancar, tentu saja di pihak Universitas Udayana diharapkan dapat bekerja sama dengan baik terutama di dalam menyiapkan dokumen pendukung yang sudah dituliskan, sehingga hasilnya seindah aslinya,” harapnya.

Dalam pertemuan ini juga dilakukan pembacaan pernyataan komitmen bersama dalam pelaksanaan asesmen lapangan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Agoes Ganesha Rahyuda, SE., M.T., Ph.D. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini