Suzuki Clean Ocean Project
Suzuki Marine Hadirkan Fitur Microplastic Collecting Device untuk Dukung Kampanye “Suzuki Clean Ocean Project”. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Selain menaungi pemasaran sepeda motor dan mobil, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga berfokus pada unit bisnis Suzuki Marine yang menangani penjualan produk Outboard Motor (OBM).

Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan, Suzuki Marine sendiri memiliki kampanye ‘Suzuki Clean Ocean Project’ yang berfokus pada kegiatan yang bertujuan mengurangi sampah plastik di lautan. Untuk mendukung upaya tersebut, Suzuki Marine hadirkan fitur Microplastic Collecting Device yang disematkan pada mesin tempel kapal Suzuki.

“Di Indonesia sendiri, Suzuki Marine telah menyematkan fitur Microplastic Collecting Device pada mesin tempel kapal Suzuki tipe DF115B dan telah menjadi peralatan standar mesin tempel Suzuki. Fitur ini bekerja untuk menyaring mikro-plastik yang tersedot ke dalam mesin saat kapal sedang dioperasikan,” terang Aceng Ulumudin, Department Head of Marine PT SIS, Selasa (11/10/2022).

Seperti yang dikatakan Aceng, fitur Microplastic Collecting Device sudah tersedia di Indonesia pada mesin tempel kapal Suzuki tipe DF115B. Fitur ini tidak mempengaruhi performa mesin tempel kapal Suzuki karena hanya memanfaatkan sirkulasi air yang telah digunakan untuk mendinginkan mesin.

Baca Juga :  Badung Gelar Upacara Pemahayu Jagat dan Mapekelem di Pantai Seseh

Menurut penelitian internal yang telah dilakukan sebelumnya di Jepang, sampah mikro-plastik ditemukan di dalam zat yang dikumpulkan melalui filter. Penelitian ini tidak hanya dilakukan di Jepang, melainkan juga di beberapa negara lain. Maka dari itu, pengguna atau pemilik kapal bermesin Suzuki turut berkontribusi menjaga kebersihan lautan dari sampah mikro-plastik.

Pemasangan fitur pada mesin tempel kapal Suzuki ini merupakan salah satu dari tiga komitmen Suzuki Marine dalam kampanye ‘Suzuki Clean Ocean Project’ yang sudah dilakukan secara global sejak tahun 2011. Komitmen pertama adalah kegiatan bersih-bersih yang dilakukan di pesisir pantai, kemudian komitmen kedua adalah mengurangi penggunaan kemasan plastik, dan komitmen ketiga adalah mengumpulkan sampah plastik yang ada di laut, yang salah satunya diimplementasikan dengan menghadirkan fitur Microplastic Collecting Device.

Baca Juga :  Dilepas Jaya Negara, KPK RI Bersepeda Bersama Hari Anti Korupsi

“Dengan hadirnya fitur Microplastic Collecting Device, kami harap lingkungan laut dapat terjaga kebersihannya. Untuk langkah selanjutnya, kami akan terus menjalankan kampanye ‘Suzuki Clean Ocean Project’ dengan melakukan berbagai kegiatan di titik-titik wilayah Indonesia. Selain itu, Suzuki juga membutuhkan dukungan dari masyarakat dalam mewujudkan laut yang bersih dan bebas dari sampah plastik,” tutup Aceng.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini