Pohon Tumbang
Pemotongan material pohon tumbang di Banjar Dinas Kanginan, Desa Bontihing, Kecamatan Kubutambahan oleh petugas BPBD Buleleng. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Akses jalan satu-satunya di Desa Bontihing sempat ditutup selama kurang lebih dua jam akibat adanya peristiwa pohon tumbang tepatnya di Wilayah Banjar Dinas Kanginan, Rabu (12/10/2022) sekitar pukul 12.00 WITA. Akses jalan utama Desa itu, tertutup akibat sebuah pohon beringin berdiameter sekitar 40 centimeter tumbang menutupi badan jalan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Pribadi menyampaikan bahwa pihaknya menerima laporan adanya pohon beringin yang sudah tumbang menutup akses jalan satu-satunya di Desa Bontihing dari salah seorang warga bernama Ngurah Joni Setya Mandala sekitar pukul 12.30 WITA.

Baca Juga :  POTADS ajak Masyarakat Sambut Hari Down Syndrome Dunia 2018

Setelah menerima laporan itu, Tim TRC BPBD Buleleng langsung terjun menuju lokasi dengan membawa kelengkapan berupa satu chainsaw Besar, tiga Chainsaw Tanggung dan dua Chainsaw Kecil, Linggis dan Peralatan penunjang lainnya meluncur ke lokasi kejadian. Sesampainya dilokasi dengan dibantu masyarakat sekitar akhirnya proses evakuasi material pohon selesai dilakukan sekitar pukul 15.50 WITA.

“Proses evakuasi terhadap material pohon sudah selesai dilakukan oleh Tim TRC selama kurang lebih 2 jam dibantu oleh warga. Kini akses jalan satu-satunya di desa itu sudah bisa dilalui kembali,” paparnya.

Baca Juga :  Ajak Warga KRB Untuk Produktif, Pemkot Ajarkan Cara Membuat Dupa dan Kerajinan Kerang

Kemudian dari peristiwa tersebut Ariadi menyebutkan tidak ada korban jiwa namun hanya sempat terjadi penumpukan kendaraan beberapa saat sebelum proses evakuasi material pohon tumbang yang sudah lapuk tersebut. Lalu terkait penyebab pohon tumbang tersebut diduga akibat angin kencang yang melanda Desa Bontihing.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu dugaan sementara pohon tumbang akibat angin kencang dan posisi pohon yang telah lapuk,” pungkasnya.(dar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini