Pertamina Peduli
Pertamina Peduli Bencana Banjir dan Tanah Longsor Serahkan Bantuan kepada Masyarakat Terdampak di Karangasem. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Tanggap bencana banjir dan tanah longsor di Karangasem, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Integrated Terminal Manggis serahkan bantuan kepada masyarakat terdampak di Kabupaten Karangasem. Program pemberian bantuan ini merupakan bagian dari program Pertamina Peduli yang digagas untuk membantu masyarakat ketika terjadi bencana. Bantuan disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem. Bantuan yang diberikan berupa bahan makanan pokok yang terdiri dari beras, sarden, mie instan, gula, garam dan minyak goreng.

Kebanyakan warga yang menjadi korban banjir dan tanah longsor di Kabupaten Karangasem mengungsi di tempat sanak saudara dan keluarga dan di himbau untuk sementara menetap ditepat pengungsian terlebih dahulu sampai kondisi semakin stabil. Tidak hanya korban saja yang membutuhnya bantuan makanan tetapi juga relawan yang ada dilapangan.

Baca Juga :  D’Academy Menggoyang Indonesia Siap Menyapa Warga Sukabumi

“Penyaluran bantuan ini merupakan bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan perusahaan kepada masyarakat sekitar. Dalam hal ini perusahaan memberikan bantuan kepada masyarakat Karangasem sebagai wilayah yang berada wilayang Ring 1 Integrated Terminal Pertamina Manggis. Semoga dengan bantuan yang di berikan dapat mengurangi beban masyarakat yang terdampak,” ujar I.G. Agus Sentanu Putra, Integrated Terminal Manager Pertamina Manggis.

“Kegiatan evakuasi dilakukan selama dua hari. BPBD bekerja sama dengan masyarakat dan relawan melakukan pencarian warga yang terseret banjir bandang. Dalam masa evakuasi diketahui bahwa banjir bandang membawa banyak kerikil dari dataran yang lebih tinggi. Hal ini menyebabkan hantaman air menjadi semakin kuat. Kami masih bersiap siaga dan selalu mengingatkan masyarakat untuk tetap berada di tempat pengungsian, mengingat informasi yang disampaikan oleh BMKG bahwa potensi hujan deras dapat berlangsung hingga tanggal 21 Oktober 2022. Kami sangat berterimakasih atas cepat tanggap Pertamina pada bencana ini. Saat ini masyarakat sangat membutuhkan suplai makanan karena korban terdampak tidak dapat langsung bekerja dan mengalami banyak kerugiaan secara material. Selain itu tidak hanya korban terdampak tetapi juga relawan yang turut membantu mengevakuasi lapangan juga membutuhkan suplai makanan karena persediaan yang mulai menipis,“ terang Ida Katut Arimbawa, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Karangasem.

Baca Juga :  Penuhi Kebutuhan Pertamina, PLN Resmi Pasok Keandalan Listrik dan Uap bagi Wilayah Kerja Rokan

Area Manager Comm., Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani menjelaskan pelaksanaan program CSR Pertamina sejalan dengan penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs). Pertamina selalu berupaya seimbang dalam menjalankan bisnis perusahaan. Demi menjaga kesinambungan bisnis perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program CSR terutama di sekitar wilayah operasional perusahaan.

“Pemberian bantuan Pertamina Peduli di Karangasem ini kami harapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat terdampak. Tentunya harapan kita bersama semoga serangkaian bencana yang terjadi beberapa waktu belakangan ini cepat berlalu. Semoga kehadiran Pertamina Peduli bagi masyarakat di Kabupaten Karangasem ini bermanfaat dan menjadi penyemangat mereka,” pungkas Deden.

Baca Juga :  Kelompok Lestari Lingkungan Dukuh Asri Tebar Benih Ikan

Selain tanggap bencana, Pertamina juga menekankan komitmennya terhadap penyaluran distribusi BBM dan LPG. “Pertamina akan terus berupaya agar serangkaian bencana yang terjadi tidak menghalangi tekad Pertamina dalam mendistribusikan BBM dan LPG hingga ke pelosok negeri,” tutup Deden.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini