promosii doktor unud
Pemodelan Imbuhan Air Tanah Antarkan Putu Doddy Heka Ardana raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Studi Doktor Ilmu Teknik (PSDIT) Fakultas Teknik Universitas Udayana pada Selasa (18/10/2022), jam 10.00 WITA bertempat di Ruang Aula Wiswakarma Universitas Udayana, melaksanakan ujian terbuka (promosi Doktor) yang ke-44.

Promovendus atas nama Putu Doddy Heka Ardana dengan judul disertasi Pemodelan Imbuhan Air Tanah Berdasarkan Fluktuasi Muka Air Tanah pada Akuifer Kota Denpasar. Masa studi promovendus adalah 2 tahun 7 bulan dan dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude (dengan pujian).

Dr. Ir. Putu Doddy Heka Ardana, ST., MT., IPM., dalam paparannya menyampaikan bahwa identifikasi imbuhan air tanah sangat penting dalam pengelolaan air tanah yang efektif dan berkelanjutan. Imbuhan air tanah menjadi komponen penting dalam neraca air namun sulit untuk diperkirakan secara langsung karena dipengaruhi oleh proses yang kompleks dan non-linier.

“Penelitian ini bertujuan untuk mendeliniasi area imbuhan pada akuifer Kota Denpasaryang merupakan area luahan pada CAT Denpasar-Tabanan dengan menggunakan pendekatan isotop,” terangnya.

Baca Juga :  Memperingati Hari Kartini, Manajemen RS Unud Bagikan Bunga

Studi ini juga memperkirakan besar imbuhannya dengan menggunakan pendekatan berbasis fluktuasi muka air tanah sekaligus memodelkan imbuhan air tanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa area yang berpotensi menjadi zona imbuhan di akuifer Kota Denpasar berada di bagian utara (area Penatih dan Peguyangan) dengan rasio isotop berkisar antara -8% sampai -6,5% dengan elevasi berkisar 74 m.s.a.l.

Bertindak selaku pemimpin sidang adalah Koordinator Program Studi Doktor Ilmu Teknik (PSDIT) Fakultas Teknik Universitas Udayana, Prof. Dewa Made Priyantha Wedagama, ST., MT., MSc., Ph.D. Selaku promotor adalah Prof. Ir. I Wayan Redana, MASc, Ph.D., kopromotor I dan II adalah Dr. Mawiti Infantri Yekti, ST., MT dan Dr. Ir. Drs. I Nengah Simpen, MSi.

Baca Juga :  Menyambut IKN, Fakultas Peternakan Unud Memberikan Kuliah Tamu di Universitas Mulawarman Kalimantan Timur

Undangan akademik berjumlah tiga orang yang terdiri dari Dr. Ir. Anissa Maria Hidayati, MT., Dr. Ir. I Gusti Lanang Bagus Eratodi dan Dr. Ir. I Nyoman Yudha Astana, MT. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini