Puskesmas cek kesehatan
Pasca Banjir, Puskesmas I Denpasar Barat Lakukan Pemeriksaan Kesehatan di Banjar Pagutan Padangsambian Kaja. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Guna mengantisipasi penyebaran penyakit akibat dampak banjir, jajaran Puskesmas I Denpasar Barat melakukan layanan pemeriksaan  kesehatan dengan mengunjungi rumah rumah warga terdampak banjir di kawasan Jalan Bukit Tinggi dan Jalan Bajataki, Desa Padangsambian Kaja, Rabu (19/10/2022). Dalam kunjungan itu, dilakukan pemeriksaan kesehatan, kegiatan abatisasi serta kaporitisasi.

Kepala Puskesmas I Denpasar Barat, dr. Lina Muji Rahayu mengungkapkan, jajaran yang terlibat dalam kegiatan ini adalah para tenaga dokter, paramedis, tenapa promkes serta tenaga terkait lainnya.

“Ini merupakan tindakan cepat tanggap yang dilakukan jajaran Puskesmas I Denbar sebagai antisipasi penyebaran penyakit pasca banjir. Kami ingin mengetahui apakah ada warga yang terserang  penyakit atau tidak,” kata Lina Rahayu.

Dari kunjungan itu, didapati hanya satu warga saja yang mengalami gatal gatal di kaki. Penyebaran bubuk abate sendiri menurut dr. Lina dilakukan untuk mencegah penyebaran nyamuk penyebab demam berdarah yang marak muncul di cuaca seperti sekarang.

Baca Juga :  Bupati Launching dan Salurkan Program Keluarga Harapan di Badung

“Untuk itu kami menghimbau para warga agar tetap memperhatikan kebersihan lingkungan. Bubuk abate yang kami berikan agar bisa digunakan, seperti di bak mandi,” lanjutnya.

Menghadapi cuaca ekstrim seperti sekarang, dr. Lina mengaku pihak Puskesmas I Denbar telah menyiapkan Tim Reaksi Cepat yang siaga 24 jam, yang siap menghadapi bencana jika sewaktu waktu datang.

“Puskesmas I Denbar siap turun ke lokasi jika diperlukan. Upaya preventif dan promotif akan selalu dilakukan oleh petugas kami, guna mencegah penyebaran penyakit di musim hujan seperti ini,” tutupnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini