apsi
Munas V dan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-20 APSI. Sumber Foto : ads/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pengurus pusat Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia Menggelar Musyawarah Nasional ke lima dengan agenda pemilihan ketua APSI untuk masa bakti 2022 – 2027 bertempat di hotel Kuta Paradiso Badung pada Kamis (13/10/2022).

Munas APSI juga dirangkai dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-20 APSI. Menurut Ketua APSI Pusat masa bakti 2017-2022, Dr. Agus Sukoco, M.M., menyampaikan dipilihnya Provinsi Bali sebagai tempat penyelenggaraan Munas ini tak lain karena di Bali inilah APSI lahir dan diresmikan Gubernur Bali pada tahun 2002 saat itu.

APSI sendiri merupakan pengawas sekolah yang anggotanya tersebar ada diseluruh Indonesia. Seorang pengawas harus memiliki kecakapan menguasai teknologi. Kemampuan menjadi pendamping sekolah, mentoring sehingga bermanfaat bagi pemimpin atau kepala sekolah tersebut.

“Mengingat anak anak sekarang adalah karakter yang serba bisa, dituntut untuk para pengajar harus bisa memahami mereka. Sistem pembelajaran dengan paradigma baru tentu sangat diperlukan untuk lebih mendekatkan guru dengan anak didik,” terang Agus Sukoco.

Baca Juga :  Inovasi TOSS Jadi Bahan ATM Komunitas Peduli Sampah Probolinggo

Tantangan bagi pengawas bagaimana memberikan pendampingan kepada sekolah bagaimana agar sistem mengajar menjadi lebih efisien dan tepat sasaran kepada anak didik.

Agus Sukoco mengatakan, untuk mewujudkan hal itu, memang masih ada hambatan sekaligus tantangan APSI. Yang mana ada tiga tantangan yang harus dilalui. Pertama, dalam perubahan mindset, baik kepala sekolah dan guru masih memiliki mindset zona nyaman.

“Artinya, sekarang ada perubahan, tetapi bagaimana perubahan itu dijadikan tantangan untuk terus belajar,” ungkapnya.

Tantangan kedua, adalah skill set yang artinya, ketika ingin zona tumbuh berarti harus ada keterampilan-keterampilan baru, yang harus juga diraih, dan dikuasai. Sementara tantangan ketiga, adalah tool set. Bagaimana pengawas ini memiliki banyak kemampuan untuk menggunakan perangkat teknologi, digital dan sebagainya.

Baca Juga :  Inovasi TOSS Jadi Bahan ATM Komunitas Peduli Sampah Probolinggo

Munas V dan peringatan HUT ke-20 APSI di Bali, yang akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 13-16 Oktober 2022, diikuti sebanyak 473 peserta dari 34 provinsi di Indonesia. Acara ini digelar di Bali membahas 3 rangkaian munas, yakni memilih ketua baru, ulang tahun APSI karena lahir di Bali pada tahun 2002 silam, dan ketiga transformasi peran pengawas yang disusun dan dikembangkan di dalam anggaran dasar dan rumah tangga yang baru.

“Munas ini berlangsung sampai Minggu 16 Oktober 2022 yang akan diisi dengan tour mengunjungi objek wisata di Bali, seperti di daerah Bedugul, Tabanan dan Kintamani, Bangli,” tambah Panitia Pelaksana Ngakan Putu Suarjana yang juga Ketua APSI Bali (2021-2026). (ads/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini