Momentum HUT TNI
Momentum HUT TNI Ke-77, Pangdam Udayana Serahkan 10 Rehab RTLH Warga. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang jatuh pada 5 Oktober 2022 dengan tema ‘TNI adalah Kita’, diawali dengan gelaran upacara secara terpusat di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, serta serentak oleh satuan TNI di seluruh Indonesia.

Di Provinsi Bali, upacara dipimpin langsung oleh Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto yang diikuti oleh seluruh prajurit TNI, Polri dan PNS TNI, serta segenap komponen masyarakat yang diselenggarakan di Lapangan Puputan Niti Mandala Renon, Denpasar.

Dalam amanat Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa yang dibacakan oleh Pangdam Sonny Aprianto, dikatakan bahwa berdasarkan hasil dari beberapa lembaga survei, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat. Hasil Survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) tanggal 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2%.

“Sedangkan Hasil Survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) tanggal 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93%. Demikian juga hasil Lembaga Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022 yang merilis hasil survei dukungan dan kepuasan Kinerja TNI terhadap Demokrasi, sebesar 93.5%,” jelasnya.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa Tutup Acara Shanti Puja di Desa Adat Canggu

Oleh karenanya, Panglima TNI menghimbau kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat tersebut, dengan bertindak dan berucap sesuai dengan Tugas Pokok TNI. Panglima TNI berharap semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa melimpahkan kekuatan, petunjuk dan lindungan-Nya dalam melanjutkan tugas dan pengabdian TNI kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Dalam Upacara yang dikomandani oleh Danyonif Raider 900/SBW Letkol Infantri Deden Ika Drajat tersebut diselipkan juga Penganugerahan Tanda Kehormatan Negara Republik Indonesia berupa Bintang Kartika Eka Paksi Nararya kepada Mayor Chb Abdul Aziz, Satyalencana Kesetiaan 24 Tahun kepada Kapten Cba Kadek Haryana, Satyalencana Kesetiaan 16 Tahun kepada Serda TTU Edi Suyitno dan Satyalencana Kesetiaan 8 Tahun Kepada Praka Bagus Pambudi.

Baca Juga :  Hambat Pembangunan Nasional, Seskab: Indonesia Alami Obesitas Regulasi

Usai Upacara, kegiatan dilanjutkan dengan Acara Syukuran HUT ke-77 TNI. Dalam kesempatan tersebut, Pangdam IX/Udayana didampingi Danlanal Denpasar dan Danlanud Ngurah Rai secara simbolis menyerahkan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada 10 orang dari masing-masing kabupaten se-Provinsi Bali.

10 orang penerima Rehab RTLH diantaranya I Wayan Lanyah (Buleleng), Ni Nyoman Keted (Klungkung), Siti Fatimah (Badung), I Nyoman Suningsih (Gianyar), Made Arni (Jembrana), I Ketut Sutia (Jembrana), Suhartik (Jembrana), Ni Made Landri (Tabanan), I Nyoman Rinsem (Karangasem) dan I Wayan Kanggo (Bangli).

Baca Juga :  Inovasi Tanpa Batas, Rai Mantra Resmikan “Extreme Park” Denpasar

Acara dilanjutkan dengan Pemotongan Tumpeng yang diberikan kepada Letda Har Kadek Sukarta (Lanal Denpasar) yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Januari 2023. Pelda Tutut Joko S. (Lanud Ngurah Rai) yang akan memasuki masa pensiun pada 30 Desember 2022 dan Sertu (K) Ni Kadek Anny Pandini (Jasdam IX/Udayana) sebagai Prajurit berprestasi yang telah banyak mendulang medali emas di Kejuaraan Judo Nasional maupun Internasional.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini