simulasi stunting ketahanan pangan
Lomba Simulasi ‘Stunting dan Ketahanan Pangan’, TP. PKK Kecamatan Denpasar Barat Raih Juara I. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Tim Penggerak PKK Kecamatan Barat berhasil meraih juara I lomba Simulasi yang diselenggarakan Tim Penggerak PKK Kota Denpasar di Gedung Wanita Shanti Graha Denpasar, Selasa (18/10/2022). Untuk juara II diraih TP PKK Kecamatan Timur, juara III TP PKK Kecamatan Selatan dan Juara Harapan diraih TP PKK Kecamatan Denpasar Utara.

Kadis Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar, I Wayan Budha mengatakan, Stunting menjadi isu prioritas nasional, untuk itu  Pemerintah Kota Denpasar melalui Tim Penggerak PKK Kota Denpasar melakukan berbagai upaya untuk menekan terjadinya angka stunting di Denpasar.

Salah satunya melalui lomba Simulasi dengan tema ‘Stunting dan Ketahanan Pangan’ dengan melibatkan Kader PKK seluruh Kecamatan di Kota Denpasar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para kader PKK terhadap berbagai program PKK terutamanya implementasi 10 program PKK.

Menurutnya lomba simulasi ini juga dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam mengembangkan metode sosialisasi di masyarakat. Terlebih PKK sebagai pilar perpanjangan tangan pemerintah dalam memberdayakan masyarakat melalui 10 program pokok PKK. Untuk itu sangat penting untuk dilakukan upaya-upaya dan terobosan yang inovatif sehingga masyarakat menjadi tertarik untuk mau mendengar, mengetahui  dan akhirnya mengimplementasikan  dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  Guru Benteng Utama Melindungi Pelajar dari Narkoba

Peningkatan SDM tidak semata-mata dilakukan melalui bentuk pelatihan dan seminar upaya kreativitas melalui bentuk permainan juga sangat baik dikembangkan untuk kedepannya dapat menumbuhkan semangat bagi para kader dalam melaksanakan tugasnya di masyarakat.

“Pada hari ini TP PKK mengangkat tema mengenai stunting dan ketahan pangan dimana kita ketahui bersama ini merupakan salah satu permasalahan yang menjadi salah tugas kita bersama untuk dapat mensosialisasikan kepada masyarakat sehingga harapan kita angka stunting akan terus dapat ditekan,” kata Wayan Budha

Baca Juga :  Tingkatkan Kualitas SDM di Kota Denpasar, Pemkot Gelar Lokakarya Persiapan SDC

Untuk menekan stunting tentunya harus ada semangat gotong-royong seluruh lapisan masyarakat. Ketahanan pangan juga sangat penting dilakukan terlebih lagi di masa kenaikan harga seperti sekarang dengan upaya pemanfaatan halaman pekarangan walaupun sedikit dan sempit setidaknya mampu membantu dan memberikan dampak untuk keluarga dan ketahanan keluarga dapat terwujud.

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Tegal Harum, Ni Luh Gede Ernawati mengaku bersyukur bisa meraih juara I dalam lomba simulasi ini. Sebagai kader Tim Penggerak di Desa Tegal Harum dan di kecamatan Denpasar barat pihaknya bisa ikut membantu pemerintah dalam mensosialisasikan penanganan stunting kepada anggota maupun masyarakat.

Baca Juga :  Di IMOS, AHM Umumkan Strategi Roadmap Sepeda Motor Listrik Honda Hingga 2030

“Saya harapkan semua kader PKK yang mengikuti lomba simulasi ini bisa mensosialisasikan cara menekan penurunan angka stunting,” harapnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini