Panwaslu
Pelantikan Panwaslu Kecamatan dan Pengukuhan Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Dalam rangka Pelantikan Panwaslu Kecamatan dan Pengukuhan Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M, harapkan kolaborasi demokrasi yang kritis tetap dipertahankan dan ditingkatkan di Tabanan. Hal tersebut diungkapkannya saat menghadiri pelantikan yang digelar di Dewi Sinta Hotel & Restaurant, Tanah Lot, Kediri, Kamis (27/10/2022).

Sebanyak 30 kandidat terlantik mewakili masing-masing 10 kecamatan di Tabanan, berkumpul dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Panitia Pengawas Pemilihan umum Kecamatan se-Kabupaten Tabanan dalam Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 mendatang. Turut menghadiri, Forkopimda Tabanan, Ketua Bawaslu Provinsi Bali,  Sekda Tabanan dan Asisten 2, Ketua KPU Kabupaten Tabanan, Ketua Bawaslu Tabanan, Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Camat Se-Kabupaten Tabanan.

Pelantikan Panwaslu yang berlangsung pada hari ini merupakan langkah awal memasuki tahapan-tahapan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024. Menilai pentingnya pemilu dalam proses penyelenggaraan dan pengelolaan sebuah bangsa dan negara, sebab pemimpin-pemimpin bangsa dan negara akan dipilih dalam momen tersebut. Oleh sebab itu, kualitas penyelenggaraan pemilu sangatlah penting dan menjadi kata kunci, karena merupakan tonggak awal penyelenggaraan pembangunan lima (5) tahun ke depan.

Bagi Sanjaya, ini adalah entry point untuk mewujudkan pesta demokrasi yang mempunyai legitimasi di hadapan rakyat sebagai pemilik kedaulatan.

Baca Juga :  Kota Denpasar Lulus Gerakan Menuju 100 Smart City Indonesia

“Saya selaku kepala daerah kabupaten Tabanan, ikut mendorong secara aktif agar tahapan-tahapan pemilu kedepan dapat mencerminkan bahwa Tabanan memang betul-betul siap melaksanakan pemilu yang berkualitas dan bermartabat, tidak hanya dari sisi pelaksanaan tetapi juga dari sisi kondusifitas daerah yang solid,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sanjaya juga menyampaikan agar semua Pemangku Kebijakan terkait Pemilu, betul-betul mencurahkan segala energi dan fokusnya pada upaya menciptakan pemilu yang damai. Pihaknya menekankan pelaksanaan pemilu yang sebelumnya agar dijadikan pelajaran, agar kekurangan-kekurangan yang pernah ada tidak terulang kembali.

Baca Juga :  Bhabinkamtibmas Sampaikan Binluh di Lapangan Voli Sigaran

“Bagaimana agar pesta demokrasi ini suasananya harus riang gembira, harus betul-betul dinikmati dengan baik, jujur, adil dan demokratis,” imbuhnya.

Kepada 30 kandidat terlantik, Bupati Sanjaya ucapkan selamat dan mengingatkan agar pencapaian ini dijadikan sebuah awalan dari pencapaian. Bekerja dengan penuh dedikasi, eratkan komunikasi dan solidkan organisasi untuk meminimalisir berbagai penyimpangan dalam pemilu. Serta agar tetap memastikan hak-hak politik rakyat dapat tersalurkan dengan baik dan fenomena kaum milenial terhadap pemilu agar dapat disikapi dengan bijak, sehingga peran aktif mereka dapat turut serta menyukseskan pemilu.

Terlebih, partisipasi pemilih Tabanan sempat mencapai angka tertinggi, mencapai 82,6% secara nasional. Oleh sebab itu, pelantikan Panwaslu Kecamatan dan Pengukuhan Sekretariat Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Tabanan ini dijadikan momentum untuk meningkatkan kualitas demokrasi dengan harapan pemilu akan semakin baik didukung oleh partisipasi pemilih yang tinggi.

Baca Juga :  Tibduktang Sasar Rumah Kos di Timpag

“Harapan Saya, kepada Panwascam, teman-teman unsur Forkopimcam yang baru dilantik, ayo bekerja sama berkolaborasi, bagaimana membangun demokrasi di Tabanan yang sudah baik ini tetap ditingkatkan terus, sehingga menjadi lebih baik, itu harapan kita bersama, saya yakin pasti bisa dilaksanakan oleh Panwascam yang baru dilantik, dan harapan kita juga kedepan, mudah-mudahan Tabanan selalu dijadikan percontohan,” pungkas Sanjaya.

Harapan serupa juga diungkapkan oleh I Ketut Winasa, S.Sos, selaku Plh. Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Tabanan, pihaknya berharap, dengan terpilih dan dilantiknya Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan diharapkan nantinya dapat melaksanakan tugas-tugas pengawasan dengan bak sehingga Pemilu Tahun 2024 dapat berjalan sesuai dengan harapan.

“Besar harapan saya agar dalam seluruh tahapan Pemilu Tahun 2024 nanti, dapat berjalan dengan Peraturan dan Perundang-undangan yang berlaku,” ungkapnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini