kendalikan inflasi
Kendalikan Inflasi, Pemkot Denpasar Gencar Gelar Bazar Pangan dan Serahkan 200 Bibit Cabai. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR –  Guna mengendalikan harga kebutuhan bahan pangan pokok penyebab inflasi, Pemkot Denpasar melalui Dinas Perikanan Dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar terus menggencarkan Bazar Pangan serta penyerahan 200 pohon bibit cabai kepada warga, yang kali ini diadakan di Br. Taman Yangbatu, Desa Dangin Puri Klod, Kecamatan Denpasar Timur pada Selasa (18/10/2022).

Seperti diketahui, harga bahan pokok utama di Bazar Pangan seperti satu krat telur tanggung dengan harga Rp42.000,- bawang merah Rp22.000,-/Kg, bawang putih Rp17.000,-/Kg, cabe besar Rp32.000,-/Kg, cabe kecil Rp34.000,-/Kg, minyak goreng Rp13.000,-/Liter, dan beras Pertiwi Rp52.000,-/5Kg. Harga komoditas yang dijual di bazar pangan lebih murah dari harga di pasar.

Baca Juga :  Perbaikan Bendungan Karet SPAM Penet Tuntas, Distribusi Air Bersih Di Kota Denpasar Dipastikan Kembali Normal

Menurut Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Ida Bagus Mayun Suryawangsa didampingi Camat Denpasar Timur, I Made Tirana mengungkapkan, Bazar Pangan beserta penyerahan bibit cabai yang merupakan kebutuhan dapur sehari-hari ini, akan terus digiatkan dengan menyasar desa atau kelurahan yang berada di Kota Denpasar secara bergiliran hingga harga-harga kebutuhan pokok terkendali.

“Sejauh ini kami meninjau dari kegiatan Bazar Pangan yang terus digelar ini cukup berhasil dengan membuat deflasi di Kota Denpasar sebesar 0,23% pada bulan Oktober ini yang ditandai dengan penurunan indeks harga konsumen menjadi 104,79 yang sebelumnya berada pada 105,03 pada bulan September, yang kami pantau dari data Badan Pusat Statistik Provinsi Bali,” ujar Ida Bagus Mayun saat melakukan peninjauan bazar.

Baca Juga :  Angkasa Pura I Raih Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi dari Kementerian ESDM

Lebih lanjut IB Mayun mengatakan setiap giat Bazar Pangan ini akan terus dievaluasi, baik dalam segi penyelenggaraan dan efektivitas kegiatan dalam mengendalikan harga kebutuhan pokok masyarakat Kota Denpasar, dengan harapan masyarakat tetap dapat membeli kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Sementara Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Ni Made Suparmi mengatakan, Pemerintah Kota Denpasar sengaja menggandeng sejumlah distributor bahan pokok utama sehingga mampu menjual langsung ke masyarakat dengan harga terjangkau.

Sementara itu I Made Tirana mengaku, pihaknya melihat ini jadi kesempatan warga untuk mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, serta penyerahan bibit cabai ini nantinya akan mengurangi beban pengeluaran rumah tangga khususnya untuk cabai yang harganya cukup fluktuatif.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini