Tes Kesegaran Jasmani
Jaga Kebugaran Prajurit, Kodim Tabanan Gelar Tes Kesegaran Jasmani. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Kodim 1619/Tabanan menggelar Tes Kesegaran Jasmani Periodik Semester II Tahun 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Stadion Debes Tabanan, Rabu (19/10/2022).

Di lokasi kegiatan, Pgs. Perwira Seksi Personel, Lettu Inf I Wayan Riyasa selaku coordinator, mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan program pembinaan satuan dari komando atas, yang rutin dilaksanakan.

 “Tujuannya untuk mengecek fisik dan stamina prajurit agar selalu siap dalam pelaksanaan tugas di lapangan,” ungkapnya.

Sementara Kasdim 1619/Tabanan, Mayor Inf. Dewa Putu Oka mengatakan bahwa pelaksanaan tes kesegaran jasmani meliputi kesegaran A dan B.

Baca Juga :  Sigap Bencana, Pemkab Tabanan Tandatangani Persetujuan RTD Bendungan Telaga Tunjung

“Kesegaran A yakni lari 12 menit, yang dilaksanakan di track lari lapangan. Tes kesegaran B meliputi pull up, sit up, push up selama satu menit, lunges dan shuttle run, serta renang dasar militer,” terang Kasdim Oka.

Dia juga menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan membina kemampuan fisik. Selain itu, juga untuk mengukur kemampuan para personel dalam menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI AD, khususnya di Kodim 1619/Tabanan.

Mayor Oka pun berpesan agar seluruh peserta selama pelaksanaan tes kesegaran jasmani mampu mengukur kemampuan masing-masing. Selain itu, para anggota juga harus memperhatikan faktor keamanan.

“Jika merasa kurang sehat dan tidak mampu, silakan sampaikan kepada penyelenggara. Jangan memaksakan diri. Kesegaran jasmani ini dilaksanakan untuk mengukur kemampuan fisik personel, jadi jangan terlalu dipaksakan. karena yang tahu kemampuan pribadi adalah diri sendiri,” pungkasnya. (ita/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini