fisip unud
Himpunan Mahasiswa Sosiologi FISIP Unud Gelar Seminar Nasional. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Himpunan Mahasiswa Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Udayana menggelar seminar nasional pada Minggu (23/10/2022) bertempat di Auditorium Widya Sabha, Kampus Udayana, Bukit Jimbaran.

Seminar ini digelar berskala nasional dengan mengusung tema ‘Dimensi Sosial Teknologi Digital’, yang dibuka secara langsung oleh dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yakni Drs. I Nengah Punia, M. Si. yang diwakilkan oleh wakil dekan 3 yakni I Made Anom Wiranata, S.IP., M.A. Serta dihadiri oleh jajaran dosen di lingkup Prodi Sosiologi.

Baca Juga :  LPPM Unud Gelar Penyamaan Persepsi bagi Reviewer Penelitian dan Pengabdian

Pemaparan materi dimoderatori oleh Ni Made Bulan Cantika Maharani selaku Jegeg Fisip 2021 dan Kadek Cyntia Cahya Wirayani selaku mahasiswa prodi Sosiologi 2021, serta mengundang dua pembicara yakni Ir. I Made Jarta, M.M selaku kepala Dinas Perdagangan & Perindustrian Provinsi Bali yang diwakili oleh sekretarisnya yakni I Nyoman Putra Astawa, S.E, M. Si dan pembicara kedua yakni I Komang Triska Ananda Dilvianugraha Priantara seorang pengusaha milenial dan aktivis sosial.

Materi yang dibawakan oleh pembicara pertama mengambil topik ekonomi digital Bali, yang mana pembicara memaparkan mengenai kebijakan sektor industri yang berisikan pelaksanaan pameran Bali bangkit.

Baca Juga :  Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Gelar Pelatihan Dasar Kelompok Ilmiah Hippocrates 2022

“fasilitasi saranan dan prasarana industri, sosialisasi kemasan kepada IKM, pengembangan desain produk dan kemasan dengan branding Bali, dan lain sebagainya,” ungkap I Nyoman Putra Astawa.

Kemudian, pembicara juga memaparkan 5 bidang prioritas pembangunan bali, serta prinsip ekonomi ‘Kerthi Bali’.

Pada pembicara kedua, materi yang disampaikan mengenai strategic to creating a digital business in dimension of social technology, yang dimana saat ini dikatakan bahwa dunia sedang mempersiapkan era industri 4.0 menuju society 5.0. Dijelaskan pula apa itu entrepreneur.

Pembicara pula menjelaskan pengalamannya pada aspek agrikultur yakni dengan membuat pangan, kemudian juga pertanian secara luas meliputi tanaman pangan, perkebunan, perikanan dan lain sebagainya. Selain itu, pembicara juga membagian tips poin-poin kesuksesan dalam berbisnis yakni waktu, team/execution, model bisnis, idea ‘truth’ outlier, dan funding. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini