UGM
Dua Mahasiswa FTP UGM Dapat Pendanaan IRN. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Dua Mahasiswa Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada Lolos Dapatkan Pendanaan Dalam Program Indofood Riset Nugraha (IRN) 2022-2023. Mereka adalah Nada Berliana Kusumawati dan Widya Hafidzah Handayani yang tergabung dalam Smart Agriculture Research dibawah bimbingan Dr. Andri Prima Nugroho. Dalam program itu Nada mengajukan penelitian berjudul Pengembangan Soil Moisture Content Monitoring System Untuk Pengelolaan Lahan Sub Optimal Pada Perkebunan kelapa Sawit Secara Presisi.

Sedangkan Widya menyampaikan penelitian dengan judul Pengembangan Sistem Pengamatan Debit Aliran Pada Jaringan Irigasi Menggunakan Sensor Ultrasonic Berbasis IoT dan Teknologi Cloud Untuk Mendukung Layanan Irigasi Pertanian Padi Sawah.

Baca Juga :  Pembentukan Satgas Antisipasi Kenaikan Harga Sembako Jelang Idul Fitri

Dr. Andri mengatakan kedua mahasiswanya berhasil terpilih mengikuti IRN 2022/2023 bersama dengan 62 mahasiswa lain dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Penelitian di Smart Agriculture yang diajukan keduanya ke IRN juga merupakan kolaborasi dan kerjasama dengan Wilmar International Plantation, dan Pusat Kajian Modernisasi Irigasi dan Pertanian (PKMIP) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada.

“Selain pengembangan teknologi bersama, harapannya juga dapat mengakselerasi adopsi teknologi pertanian pada implementasi di lapangan,” tuturnya, Senin (31/10/2022).

Andri menyampaikan harapan lewat program IRN akan mengakselerasi pelaksanaan penelitian dan menumbuhkembangkan minat dan kemampuan mahasiswa dalam penelitian ilmiah yang unggul atau berkualitas. Selain itu, dengan program IRN dapat membantu dan mendukung penyelesaikan penelitian tugas akhir dan hasil penelitian yang dapat berguna ke masyarakat sebagai dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya terkait pertanian 4.0 saat ini.

Program Indofood Riset Nugraha (IRN) merupakan program pendanaan dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Indofood Sukses Makmur Tbk yang sudah ada sejak tahun 2006. Objek penelitian adalah sumber pangan yang berasal dari pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, kelautan serta perternakan. Program IRN bertujuan memberikan bantuan dana kepada mahasiswa S-1 untuk melakukan penelitian dalam rangka penyelesaian tugas akhir. Adapun cakupan bidang penelitian meliputi bidang agro teknologi (budidaya), teknologi proses dan pengolahan, gizi dan kesehatan masyarakat, serta bidang sosial, budaya, ekonomi dan pemasaran.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini