Kujungan Wali Kota Gorontalo
Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta didampingi Sekretaris Daerah Wayan Adi Arnawa menerima kunjungan studi komparasi Wali Kota Gorontalo Sulawesi Utara, Marten A. Taha dan Badan Anggaran DPRD Kota Gorontalo, di Puspem Badung, Senin (10/10/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta didampingi Sekretaris Daerah Wayan Adi Arnawa dan jajaran Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Badung menerima kunjungan studi komparasi Wali Kota Gorontalo Sulawesi Utara, Marten A. Taha beserta tim TAPD dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Gorontalo terkait Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah dan Rancangan Peraturan Kepala Daerah, Senin (10/10/2022) bertempat di ruang Kertha Gosana Puspem Badung. Turut hadir Ketua DPRD Kota Gorontalo, Sekda Kota Gorontalo dan Kepala OPD terkait di jajaran Pemerintah Kota Gorontalo.

Dalam sambutan Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta, atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Badung pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota Gorontalo dan rombongan karena telah berkenan menjadikan Kabupaten Badung sebagai lokus kunjungan studi komparasi terkait penyusunan rancangan peraturan daerah tentang pokok-pokok pengelolaan keuangan daerah dan rancangan peraturan kepala daerah.

Baca Juga :  Sasar Ratusan Masyarakat, Dinas Perikanan Badung Gelar Gemarikan di Desa Petang

“Atas nama pemerintah masyarakat dan pribadi saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Wali Kota Gorontalo beserta rombongan karena telah berkenan melaksanakan studi komparasi ke Kabupaten Badung. Dan kami pun perlu untuk belajar kepada Bapak Wali Kota dan Kota Gorontalo,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Giri Prasta menambahkan untuk urusan strategi teknis terkait Tata Kelola Keuangan Daerah, Tata Kelola Pemerintahan maupun Tata Kelola Pariwisata di Kabupaten Badung, pihaknya menyarankan kepada jajaran OPD Pemerintah Kota Gorontalo untuk melakukan koordinasi langsung dengan jajaran OPD terkait di Pemkab Badung.

Baca Juga :  Rock Bar di Bali Menghadirkan Identitas Visual Baru yang Memukau

“Nanti secara teknis berkenaan dengan pengelolaan keuangan daerah dan strategi teknis lainnya saya mohonkan nanti OPD teknis kami untuk memberikan semua informasi. Secara umum yang menjadi kekuatan suatu daerah adalah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), karena RPJMD menjadi ruhnya dan Rencana Kinerja Tahunan (RKT) merupakan wujud dari implementasi,” pungkasnya.

Kemudian terkait Banggar, Bupati menyebut tim TAPD Kabupaten Badung selalu berkoordinasi dengan tim Banggar DPRD Badung, sebagai wujud tatanan yang harus dilakukan.

“Hasilnya ada hibah bansos karena DPRD ada konstituennya dan ini berjalan di Badung. Ini yang perlu kami lakukan kaitannya dengan tugas pokok dan fungsi DPRD,” ungkapnya.

Sementara itu Wali Kota Gorontalo, Marten A. Taha mengatakan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Badung dalam rangka studi komparasinya terkait pengelolaan keuangan daerah, pengelolaan pariwisata dan pengelolaan potensi daerah dalam rangka mengoptimalkan pendapatan asli daerah.

Baca Juga :  Badung Gelar Pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong, Dipusatkan di Desa Kuwum Mengwi

“Karena hampir dari semua sisi dan semua aspek kami kira Kabupaten Badung lebih dari Kota Gorontalo. Pariwisatanya saja sudah kelas dunia, dari struktur APBD kita juga kalah jauh, apalagi dari Tata Kelola Pemerintahan, Keuangan dan sebagainya. Oleh karena itu kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas penerimaan Bapak Bupati, Bapak Sekda dan jajaran yang begitu luar biasa, tentu ini akan menjadi momen yang sangat penting bagi kami untuk betul-betul belajar tentang apa yang menjadi kewenangan pemerintah daerah dari Kabupaten Badung,” terangnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News