Jalan Bangli
Bupati Bangli Resmikan Jalan Penghubung Antar Kecamatan. Sumber Foto : Istimea

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta didampingi Kepala Dinas PUPR Perkim Kabupaten Bangli, I Dewa Ngakan Widnyana Maya meresmikan jalan penghubung antar dua desa, diantara Desa Tiga yang terletak di Kecamatan Susut dengan Desa Penglipuran yang terletak di Kelurahan Kubu Kecamatan Bangli, pada Kamis (6/10/2022).

Sedana Arta dalam sambutanya mengajak masyarakat di kedua desa tersebut agar menjaga dan memelihara kondisi jalan sepanjang 2 km dengan tidak menanam rumput dipinggir jalan yang nantinya dapat merusak badan jalan dan aspal (hotmik).

Bagi Bupati Sedana Arta, infrastruktur jalan merupakan salah satu kebutuhan dasar untuk sebuah desa bisa maju dan berkembang.

“Dengan infrastruktur jalan yang baik, maka kelancaran roda perekonomian menjadi salah satu tolak ukur taraf kesejahteraan masyarakat,” ujar Sedana Arta.

Baca Juga :  Antari Jaya Negara Kukuhkan 46 Bunda Literasi Kecamatan dan Desa/Kelurahan Se-Kota Denpasar

Menurut Sedana Arta, jalan penghubung antara dua desa tersebut memiliki sejarah yang panjang bagi warga setempat, dan beberapa saat yang lalu jalan ini rusak sehingga sulit dilalui tapi sekarang jalan sudah sangat baik dan sesuai dengan standar yang berlaku.

Bupati juga menyampaikan bahwa sampai saat ini 80% ruas jalan di Kabupaten Bangli sudah dalam kondisi baik. Pemkab Bangli pada tahun 2023 juga telah menganggarkan infrastruktur perbaikan jalan.

Bupati asal Desa Sulahan ini berharap kepada masyarakat agar dapat bersabar supaya satu persatu target perbaikan infrastruktur jalan dapat segera terwujud.

“Saya harap masyarakat harus bersabar, karena menuju baik itu juga perlu proses dan harus bertahap. Mudah-mudahan jalan Kabupaten yang rusak segera diperbaiki dan akan selesai di tahun depan,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas PUPR Perkim Kabupaten Bangli dalam laporannya mengatakan Dinas PUPR Perkim Kabupaten Bangli sebagai teknis penyelenggara kegiatan infrastruktur rekonstruksi/peningkatan kapasitas struktur jalan (khusus Kabupaten) jalan Penglipuran – Buungan Tiga, yang mana menelan anggaran sebesar Rp2.268.176.000 dengan waktu pelaksanaan 6 bulan dengan kontruksi Hot Mix (AC-WC). Pelaksanaan kegiatan ini dikerjakan oleh penyedia PT. Sinar Emas Samudra dan diawasi oleh konsultan pengawas CV Hasta Parama Desain. Khusus jalan Penglipuran – Buungan Tiga merupakan pekerjaan pemeliharaan berkala jalan untuk mempertahankan kondisi jalan agar tetap berfungsi secara optimal melayani lalu lintas dan mendukung perekonomian lokal serta yang utama mendukung akses menuju kawasan destinasi pariwisata Desa Penglipuran yang dapat diakses dari dua arah yaitu dari Kelurahan Kubu dan dari Desa Tiga dengan panjang jalan 2 km dan lebar 4 meter. Peresmian jalan ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Bangli.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini