bem fkh unud
BEM FKH Unud Gelar Seminar Nasional. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Hewan Udayana (FKH Unud) menyelenggarakan Seminar Nasional Kewirausahaan dengan tema “Entrepreneur is the Future: Let’s Build Your Own Startup from Your Idea as Dreams Come True” pada Minggu (2/10/2022) di Ruang Sidang Lantai 1 Gedung FKH Sudirman.

Seminar Menghadirkan  Dr. I Gusti Bagus Sastrawan Mananda, SST. Par., M.M., M.Par., dan drh. I Wayan Yustisia Samarariana, S.KH., M.Si., sebagai pembicaranya.

“Saya sangat senang sekali karena kegiatan ini ada kegiatan positif yang nantinya sangat berguna untuk adek-adek kedepannya,” kata I Wayan Sudira.

Dengan harapan selaku wakil dekan 3 bertanggung jawab sekali kepada adek-adek dan saya akan selalu tidak melepaskan adek-adek sendiri kebingungan.

“Silahkan kalau bingung datang ke ruangan saya bisa di chat kapanpun kalau terkait dengan kemahasiswaan,” pungkasnya.

Seminar Nasional FKH merupakan salah satu kegiatan tahunan BEM FKH. Kegiatan ini mengundang Dr. I Gusti Putu Bagus Sasrawan Mananda, SST.Par., M.M., M.Par., yang merupakan dosen sekaligus tutor kewirausahaan, pemilik Arak Whiskey, juga pemilik beberapa Platform dan Private Villa di Ubud sekaligus Co Owner dari Bharata Sport and Fashion.

Baca Juga :  Fakultas Kelautan dan Perikanan Unud Gelar Puncak Perayaan BKFKP Ke-11

Beliau membawa tema ‘Understanding The Basic of Entrepreneurship’ yang menjelaskan poin-poin penting menjadi wirausaha, sharing pengalaman dan menjelaskan bagaimana masalah dapat menjadi sebuah kesempatan untuk berbisnis.

“Tujuan akhir menjadi wirausaha adalah untuk mendapatkan kebebasan secara finansial dan kebebasan waktu. Bisnis terbaik adalah bisnis yang dimulai, bukan hanya bisnis yang dipikirkan,”terang I Gusti Putu Bagus Sasrawan Mananda.

Pemateri kedua dengan tema ‘Bring your entepreneurship ideas into reality’ dibawakan oleh drh. I Wayan Semarariana, S.KH., M.Si., merupakan pengurus ADHNAI (Flying Vet) dan ketua Ikayana Vet FKH Unud sekaligus Founder Pramisemara Group, beliau juga mendapat penghargaan Wirausaha Muda Pemula Berprestasi 2017 serta Pemuda Pelopor bidang Lingkungan bersama Karang Taruna Eka Canthi 2014.

Baca Juga :  Peringatan HKD 2022, KOMPAK Unud Sosialisasi Kanker di Dwikura

Beliau menjelaskan tentang cara memulai bisnis yang dimulai dari time management, advance time management dan complex management dengan mempersiapkan cashflow, invest and ccommitmen. Beliau juga memberikan beberapa post keuangan yang dapat dilakukan serta model Bussiness Model Canva beserta penjelasan singkatnya.

“Bussiness Model Canvas ini yang kemudian dikerjakan oleh semua peserta dalam kelompok yang akan dikumpulkan dan diharapkan dapat mendorong ide-ide usaha dari mahasiswa dan memudahkan dalam pelaksanaannya,” terangnya.

Kesan dan pesan Acara seminar kewirausahaan yang diadakan oleh BEM FKH UNUD sudah berjalan dengan baik dan lancar. Kesan saya terhadap kegiatan ini sangat baik karena dalam kegiatan ini kami diajarkan apa itu berwirausaha dan tips-tips untuk memulai berwirausaha. Selain itu pengalaman dari para pembicara sangat memotivasi dan memberikan banyak pelajaran bagi kami untuk berani memulai sesuatu.

Baca Juga :  Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris, UPT Bahasa Unud Gelar Pelatihan UEPT

“Harapan saya semoga kegiatan seminar kewirausahaan selanjutnya bisa bertahan dengan baik dan mampu memberikan kebermanfaatan bagi para peserta,” ujar salah satu peserta semnas kewirauhaan.

Sudah sangat sesuai dengan output setelah mempelajari bussiness model canvas mahasiswa akan mendapat gambaran secara jelas dan tertata mengenai ide ide berwirausaha yang mahasiswa miliki sehingga tujuan berwirausaha akan tercapai. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini