TOP 50 Pertamuda
Presentasi TOP 50 Pertamuda Seed and Scale 2021 di hadapan para mentor sebelum final pitching. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Setelah melalui proses filtering dan kurasi yang ketat, dari 2.445 pendaftar Kompetisi Ide Bisnis yang diselenggarakan PT Pertamina (Persero), akhirnya terpilih 30 besar peserta yang akan mengikuti kegiatan Demoday Pertamuda Seed and Scale 2022 yang rencananya akan diselenggarakan pada 3-6 November 2022 mendatang secara daring.

Tercatat peserta yang lolos berasal dari 19 kampus di antaranya Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Airlangga, Universitas Bina Nusantara, Universitas Brawijaya, Universitas Ciputra Surabaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Padjajaran, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sumatera Utara dan Universitas Telkom.

Baca Juga :  Guna Tingkatkan Pembelajaran Inovatif, FTP UGM Lakukan Study Banding ke FTP Udayana

Peserta yang lolos kurasi Pertamuda terbanyak berasal dari Jawa Timur dan lainnya berasal dari provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara.

“Jika tahun lalu berasal dari 23 kampus dan 17 provinsi dengan jumlah peserta yang mengikuti Demoday 50 peserta. Tahun ini memang screening lebih ketat dengan harapan secara kualitas akan jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu,” ujar Heppy Wulansari, Pjs Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero).

Nantinya saat Demoday, akan di seleksi menjadi 10 finalis yang akan mengikuti Final Pitch secara luring atau offline di Bali.

Para finalis nantinya saat tahap final pitch akan melakukan presentasi di hadapan para juri, jajaran pejabat Pertamina dan sejumlah investor yang akan di undang menghadiri kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Benchmarking FISIP Universitas Udayana ke UNPAD Bandung

Finalis yang lolos akan mendapatkan dana pembinaan dengan total nilai sebesar Rp100 juta untuk setiap peserta dan kampus asal juga mendapatkan dana pendampingan senilai Rp25 juta.

Heppy Wulansari menyampaikan bahwa untuk membangun Indonesia menjadi lebih maju, dibutuhkan banyak wirausahawan muda, yang akan menjadi tulang punggung perekonomian negara.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI juga mengimbau adanya kolaborasi antara Perguruan Tinggi dan Industri untuk mendorong percepatan pertumbuhan kewirausahaan nasional.

“Menyambut imbauan tersebut, PT Pertamina (Persero) selama dua tahun ini menggelar ajang kompetisi ide bisnis untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi se-Indonesia melalui kegiatan Pertamuda atau Pertamina Muda Seed and Scale 2022,” tutur Heppy Wulansari.

Baca Juga :  Pembekalan Dosen LSPR untuk Menghasilkan Publikasi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

Proses saat ini telah melalui sejumlah tahapan. Mulai pendaftaran Pertamuda Seed and Scale 2022 yang telah dibuka sejak 15 Agustus lalu oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dan ditutup tanggal 18 Oktober 2022 sehingga masuk 2.445 pendaftar.

Kemudian tahap sosialisasi melalui 4 kali rangkaian workshop hingga proses filtering dan kurasi.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini