Universitas Gadjah Mada (UGM)
Universitas Gadjah Mada. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – UGM menjadi perguruan tinggi terbaik pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sebagai peraih pendanaan dan insentif PKM terbanyak tahun 2022. Berdasar pengumuman yang dirilis Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek UGM menjadi perguruan tinggi terbaik di klaster 1.

“UGM mendapatkan pendanaan dan insentif untuk 117 judul atau tim PKM tahun 2022 ini,” jelas Direktur Kemahasiswaan UGM, Dr. Suharyadi, Senin (26/9/2022).

Suharyadi menyampaikan capaian sebagai perguruan tinggi dengan raihan pendanaan dan insentif terbanyak pada PKM tahun 2022 ini merupakah hasil kerja keras tim PKM mahasiswa UGM dibawah arahan dosen pembina dan pendamping. Selain itu juga dukungan dari pimpinan universitas dan fakultas yang sangat besar. Hal tersebut menjadikan PKM UGM menjadi peraih pendanaan dan insentif terbanyak dalam beberapa tahun terakhir.

“Namun kita masih ada tantangan diajang PIMNAS yang rencananya akan diselenggarakan akhir tahun, semoga tim PKM UGM juga bisa tampil baik di PIMNAS 2022 ini,” tuturnya.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Gelar Vaksinasi Japanese Encephalitis

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM, Suherman, Ph.D., menambahkan pada tahun 2022 ini UGM berhasil meloloskan 84 tim atau judul PKM yang mendapatkan pendanaan dari PKM 8 bidang. Lalu, 33 tim atau judul yang mendapatkan insentif dari 2 bidang. Dengan begitu total UGM mendapatkan pendanaan dan insentif untuk 117 judul atau tim PKM tahun 2022.

Untuk mempertahankan prestasi yang diraih, Ia mengatakan UGM akan terus menjaga proses regenerasi tim PKM mahasiswa dan dosen pembina serta pendamping PKM. Sebab hal tersebut menjadi kunci stabilitas prestasi PKM dan PIMNAS kedepan.

Baca Juga :  Bakti Sosial Bersihkan Puing-puing Akibat Gempa di Baturiti

“Karena PKM-PIMNAS ini tiap tahun diikuti 1.000-an lebih kampus di Indonesia, sangat kompetifif dan semua kampus terus berbenah setiap tahunnya,” katanya.

Pemeringkatan yang disampaikan Ditjen Dikti tersebut dirilis dalam masing-masing klaster. Ada 18 perguruan tinggi yang berhasil masuk dalam pemeringkatan yang terbagi dalam 5 klaster berdasar raihan pendanaan dan insentif terbanyak pada PKM 2022.

PKM merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek yang dibuka bagi mahasiswa di universitas negeri maupun swasta di Indonesia. Terdapat 10 bidang PKM yang dapat diikuti oleh mahasiswa yaitu PKM Riset Eksakta (PKM-RE), PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM), PKM Penerapan Iptek (PKM-PI), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Karya Inovatif (PKM-KI), PKM-Karya Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK), PKM Gagasan Futuristik Terpadu (PKM-GFT), serta PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI).(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini