UMKM
Bupati Suwirta Minta Perbekel Dampingi Enumerator dalam Proses Input Data UMKM. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memberikan pengarahan kepada Camat, Perbekel dan Enumerator mengenai Program Pendataan Lengkap untuk UMKM di masing-masing desa se-Kabupaten Klungkung, melalui Video Conference bertempat di Ruang Video Conference Kantor Bupati Klungkung, Senin (26/9/2022).

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dalam arahannya meminta kepada Petugas Enumerator agar aplikasi yang digunakan dalam proses input data dapat dipelajari dan dipahami, dan mencintai pekerjaan serta perhatikan public speaking dalam proses mendata.

Bupati Suwirta mengingatkan Petugas Enumerator supaya berani dalam melakukan input data, karena aplikasi apapun bentuknya, pasti akan ada perbaikan, jadi mari jangan ragu dalam input data. Dibutuhkan keberanian menginput dan mengambil keputusan, yang didasari dari pengalaman dalam mengenali UMKM.

Bupati Suwirta minta perbekel untuk ikut mendampingi Enumerator dalam proses pendataan, dan mempelajari aplikasi yang digunakan untuk mendata agar ke depan dapat mempermudahkan Perbekel dalam memberikan bantuan pemberdayaan.

Baca Juga :  Cetak Penggiat Antinarkoba, Bupati Suwirta: Bersatu Berantas Narkoba

Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Klungkung I Wayan Ardiasa menyampaikan bahwa Video Conference ini diadakan dalam rangka mengevaluasi Program Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM 2022 (PL-KUMKM 2022).

“Ini merupakan program Kementerian Koperasi dan UKM, yang dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS), dimana BPS bertindak sebagai pengolah data, sedangkan dinas sebagai produsen data dan proses pengumpulan data dilaksanakan oleh Petugas Enumerator yang merupakan petugas pencacah atau periset yang bertugas mengumpulkan data kolektif atau wawancara dari pintu ke pintu,” jelasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini