Bibit Cabai
Turut Berperan Kendalikan Inflasi, Ketua TP. PKK Kabupaten Tabanan Terima Bantuan Bibit Cabai. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Dalam rangka percepatan pengendalian Inflasi Daerah, Ketua TP PKK Tabanan, Rai Wahyuni Sanjaya, S.H., M.M., menerima bantuan dari Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bali yang bersinergi dengan Ketua TP PKK Provinsi Bali berupa 3.000 bibit cabai yang dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis ke desa binaan masing-masing kecamatan, Selasa (27/9/2022).

Dalam kegiatan yang berlangsung di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan ini, Ketua TP PKK Tabanan didampingi oleh Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali beserta jajaran, Sekda Kabupaten Tabanan dan Para Asisten Sekda, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, Direktur Perumda Dharma Santhika, para Camat dan Ketua Forum Perbekel Kecamatan se-Kabupaten Tabanan, Pengurus TP. PKK Kabupaten Tabanan serta ketua TP. PKK kecamatan dan desa se-Kabupaten Tabanan.

Acara ini merupakan tindak lanjut dari penyerahan secara simbolis 30.000 bibit cabai dari Bank Indonesia kepada TP PKK Provinsi Bali yang dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis kepada seluruh ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Bali pada acara pasar rakyat provinsi Bali yang dilaksanakan pada tanggal 2 september lalu di Lapangan Puputan Niti Mandala Renon Denpasar.

Langkah lanjutan yang dilakukan ialah mendistribusikan 3.000 bibit cabai ini kepada 3 Desa Binaan dari masing-masing Kecamatan, jadi ada 30 Desa Binaan yang mendapat bibit cabai dengan sebaran 100 bibit cabai per desa.

Baca Juga :  Wabup Sanjaya Buka Lomba Mancing di Banjar Bale Agung

“Desa Binaan merupakan Desa yang dipersiapkan oleh TP. PKK Tabanan yang nantikan akan menjadi perwakilan Kabupaten Tabanan dalam lomba-lomba implementasi 10 Program Pokok PKK di Tingkat Provinsi Bali,” ungkap Rai Wahyuni dalam sambutannya.

Langkah strategis berikutnya ialah dari Bapak Bupati Tabanan, yang melalui  Perumda Dharma Shantika memberikan bantuan 13.300 bibit cabai dengan pembagian masing-masing 100 bibit kepada TP. PKK desa di seluruh Kabupaten Tabanan.

“Di kesempatan ini, kami TP PKK Kabupaten Tabanan sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan, tentunya kegiatan ini sebagai Gerakan kita bersama dan TP. PKK memiliki peran penting dan strategis dalam membantu Pemerintah mensosialisasikan dan mengimplemetasikan pelaksanaan program di tengah masyarakat, salah satunya upaya pengendalian laju inflasi ini,” jelas Rai Wahyuni.

Lebih lanjut, pihaknya berharap, kegiatan in dapat meringankan beban perekonomian dan mendukung program ketahanan pangan keluarga yang merupakan salah satu program unggulan PKK.

Baca Juga :  Tujuh Desa di Kecamatan Pupuan Ikuti Bintek Tagana

“Gerakan tanam cabai ini selaras dengan program PKK yakni Aku Hatinya PKK,” sambungnya.

Pemanfaatan halaman rumah melalui tanaman holtikultura kerap disosialisasikan oleh Rai Wahyuni, agar terus dilanjutkan agar manfaatnya dapat terasa bagi keluarga.

“Di kesempatan ini saya menghimbau kepada para kader PKK Desa agar bantuan ini ditanam dan dirawat dengan baik di pekarangan rumah masing-masing sampai panen agar manfaatnya dapat benar-benar dirasakan. Saya juga berharap agar Gerakan ini dilanjutkan secara berkesinambungan bukan hanya terbatas pada cabai tapi juga pada tanaman holtikultura lainnya yang bermanfaat bagi keluarga,” ucap Ketua TP PKK Tabanan tersebut.

Kader PKK, terus dimotivasikan agar selalu bisa kreatif dan inovatif dalam mengolah Tabanan di pekarangan rumah sehingga memiliki nilai jual dan nilai yang ekonomis. Lebih lanjut, pihaknya mengatakan, pemasaran produk-produk hasil UP2K akan diberikan ruang di setiap event yang diselenggarakan di kabupaten Tabanan baik yang berskala besar maupun kecil. Hal itu terbukti saat acara pembagian bibit cabai hari ini, di mana belasan tenan UP2K, IKM dan UMKM Tabanan diberi ruang untuk mempromosikan dan memasarkan produknya.

Baca Juga :  Polres Tabanan Laksanakan Pendisiplinan Masyarakat pada Era AKB

Rai Wahyuni menyebutkan bahwa ini merupakan bentuk komitmen ketua TP PKK sekaligus sebagai ketua Dekranasda Kabupaten Tabanan agar IKM/UMKM Tabanan dapat segera bangkit pasca pandemi Covid-19.

“Dari hal kecil ini kita TP PKK bisa berkontribusi terhadap penyelesaian permasalahan daerah, selalu saya sampaikan di setiap kesempatan bahwa Tugas PKK adalah tugas mulia yang harus kita laksanakan dengan ketulusan dan keikhlasan hati,” ujarnya lebih lanjut.

Seiring dengan harapan Ketua TP PKK tersebut, Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali, Ibu Gusti Agung Diah Utari, menyampaiakn apresiasi kepada Bupati Tabanan beserta Ketua TP PKK Tabanan dan para anggota, atas kelancaran pelaksanaan kegiatan ini.

“Melalui program tanam cabai ini, kami berharap kita semua dapat mengantisipasi kenaikan harga cabai yang bedasarkan data historis di Provinsi Bali yang biasa mengalami kenaikan di Bulan November/Desember, seiring dengan peningkatan kebutuhan adanya event besar puncak G20, perayaan natal dan tahun baru dan periode liburan,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap bantuan dapat bermanfaat bagi masyrakat dalam memenuhi kebutuhan cabai sehari-hari dari pekarangan rumah terdekat.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini