Desa Adat Padangsambian
Sekda Alit Wiradana Hadiri Upacara Dewa Yadnya di Pura Dalem Kahyangan Desa Adat Padangsambian. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana hadiri serta turut melaksanakan mendem pedagingan dan persembahyangan bersama serangkaian Karya Melaspas, Mamungkah, Ngenteg Linggih, Tawur Agung Balik Sumpah, Padudusan Agung Menawa Ratna di Pura Dalem Kahyangan, Desa Adat Padangsambian, Kecamatan Denpasar Barat, pada Kamis (22/9/2022) pagi.

Turut hadir dalam upacara tersebut Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, AA Ketut Asmara Putra, anggota DPRD Provinsi Bali, I Wayan Kariarta, Kadisbud Kota Denpasar, Raka Purwantara, Kadis DPMD Kota Denpasar, Wayan Budha, Camat Denpasar Barat, IB Made Purwanasara, Ketua Forum Perbekel/Lurah, I Gde Wijaya Saputra, serta undangan lainnya.

Baca Juga :  Jajaran Pemkab Tabanan Ngaturang Bhakti Penganyar di Pura Ulun Danu Batur Bangli

Ketua Panitia Karya, Jro Mangku Nyoman Sujantara mengatakan upacara yang dilaksanakan saat ini merupakan upacara Melaspas, dan Mupuk Pedagingan.

Lebih lanjut dikatakannya, pelaksanaan upacara ini sudah dimulai sejak 6 Agustus 2022 lalu yang diisi dengan upacara Nuasen Karya. Lalu dilanjutkan pada 25 September 2022 dilaksanakan Tawur Balik Sumpah pada 29 September 2022 Ida Bhatara Mesuci di Pantai Petitenget. Dan puncak karya dilaksanakan pada 1 Oktober 2022 mendatang.

Adapun pelinggih yang diplaspas saat ini yaitu Pelinggih Ratu Dalem, Pepelik, Peselang, Penyawang Gunung Agung, dan Pelinggih Ratu Nyoman. Selain pelinggih-pelinggih tersebut ada juga yang dipelaspas saat ini seperti Bale Gong, Bale Pengerauhan, Puri Agung, dan termasuk pelinggih yang berada di Pura Dalem Prajapati, ujarnya.

“Dengan dilaksanakannya upacara ini kami berharap kedepannya dapat memancarkan energi positif kepada masyarakat. Apalagi ini merupakan upacara yang pertama kali dilaksanakan di Desa Padangsambian sehingga kedepannya kami harapkan dapat meningkatkan keharmonisan masyarakat di Desa Adat Padangsambian dan Kota Denpasar,” kata Jro Mangku Sujantara.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Buka Puasa Bersama Sahabat Disabilitas Kota Denpasar

Sementara Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana mengatakan selain untuk meningkatkan keharmonisan dan sradha bhakti masyarakat khususnya kepada krama Desa Adat Padangsambian.

Kedepannya dengan dilaksanakannya upacara ini agar dapat memberikan energi yang positif, baik secara sekala maupun niskala bagi masyarakat Desa Adat Padangsambian dan masyarakat Kota Denpasar,” katanya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News