Desa Adat Penatih
Peringati HUT Ke-31 LPD dan HUT Ke-19 Pasar Desa Adat Penatih. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Jalan Santai serangkaian peringatan HUT ke-31 Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Penatih dan HUT ke-19 Pasar Desa Adat Penatih berlangsung meriah pada Minggu (11/9/2022) bertempat di Pasar Desa Adat Penatih.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Sekretariat Daerah Kota Denpasar, AA Gede Risnawan mewakili Wali Kota Denpasar berkesempatan melepas jalan santai yang diikuti ratusan masyarakat penatih ditandai dengan kibasan bendera start.

Tampak hadir pula dalam kesempatan tersebut Anggota DPRD Kota Denpasar, Ketut Budha, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar, Wayan Budha, Sekretaris Camat Denpasar Timur, Ketut Sri Karyawati, BKS LPD Denpasar, Lurah Penatih, Wayan Astawa, Bendesa Adat Penatih, Wayan Eka Yana hingga tokoh masyarakat desa setempat.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Sekretariat Daerah Kota Denpasar, AA Gede Risnawan ditemui di sela-sela pelepasan jalan santai mengucapkan selamat atas peringatan HUT ke-31 LPD Penatih dan HUT ke-19 Pasar Desa Adat Penatih. Diharapkan dalam pelaksanaan HUT ini dapat terus berinovasi dan memberikan manfaat kepada masyarakat desa. Hal ini tak terlepas dari keberadaan Lembaga Perkreditan Desa di Bali sebagai lembaga perekonomian desa telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.  Begitu juga di Kota Denpasar keberadaan LPD hingga pasar rakyat memiliki peranan dan manfaat bagi pembangunan dan perekonomian sebuah desa adat.

Baca Juga :  LPD Bali Peduli Bencana Alam, Persiapkan Skema Bantuan Sosial untuk Masyarakat di Karangasem dan Bangli

“LPD dan pasar rakyat memberi banyak manfaat dalam kegiatan sosial dan budaya serta perputaran perekonomian masyarakat, apalagi hal ini ditunjang dengan inovasi langkah kreatif dan inovatif pengembangan di era globalisasi,” ujar Risnawan.

Sementara Bendesa Adat Penatih, I Wayan Eka Yana didampingi Ketua Panitia, Made Candra mengatakan rangkaian kegiatan HUT LPD Penatih dan HUT Pasar Penatih dirangkaikan dengan beberapa kegiatan kebersamaan, sosial hingga cinta lingkungan dan alam. Adapun kegiatan seperti jalan sehat bagi warga masyarakat setempat, senam, pemberian bibit pohon, penebaran bibit ikan hingga penyerahan hadiah dan doorprize 3 unit sepeda motor.

Baca Juga :  Revitalisasi Pasar Banyuasri di Buleleng Telah Mencapai 92,5 Persen

“Dalam HUT Ke-31 LPD dan HUT ke-19 Pasar Desa Adat Penatih ini, kami bersama pihak desa adat setempat terus melakukan inovasi dalam membangun desa. Karena keberadaan LPD dan pasar sangat didukung masyarakat desa sesuai dengan spirit Vasudhaiva Kutumbakam,” katanya.

Pihaknya menjelaskan pertumbuhan bisnis LPD Penatih sangat baik. Salah satunya, pertumbuhan aset LPD hingga saat ini mencapai Rp57 miliar. Sementara kredit yang tersalurkan ke masyarakat hingga saat ini mencapai Rp37 miliar, dan laba LPD per Agustus 2022 mencapai Rp1,1 miliar lebih.

Baca Juga :  Apel Pagi Minggu Kedua, Sekda Alit Wiradana Ingatkan ASN Tingkatkan Pelayanan dan Disiplin Prokes

“Pencapaian ini tentunya berkat partisipasi dan kepercayaan masyarakat, yang tetap setia dengan LPD-nya sendiri,” katannya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini