Pengurus YKI Kota Denpasar
Pengurus YKI Kota Denpasar Masa Bakti 2021-2026 Dilantik, Wawali Arya Wibawa Ajak Masyarakat Memerangi Penyakit Kanker Melalui Perilaku Hidup Sehat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa meminta Pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Denpasar untuk bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah dan stakeholder lain yang terkait untuk memberikan penyuluhan, sekaligus menjaring dan berbagi informasi tentang kanker seraya membangkitkan kesadaran masyarakat untuk dapat hidup sehat dan memerangi penyakit kanker melalui perilaku hidup bersih dan sehat. Wawali Arya Wibawa menyampaikan hal tersebut diatas saat pelantikan Pengurus YKI Kota Denpasar masa bakti 2021-2026, Selasa (13/9/2022) di Ruang Mahottama Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang.

Tampak hadir juga dalam kesempatan ini, Ketua TP PKK Kota Denpasar, Sagung Antari  Jaya Negara, Ketua GOW Kota Denpasar, Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua YKI Cabang Koordinator Bali, Dr.dr. A.A.A.N Susraini, Ketua YKI Cabang Kota Denpasar, Tri Indarti dan instasi terkait lainnya.

Baca Juga :  Wujudkan Kota Layak Anak di Denpasar, Wawali Arya Wibawa Tekankan Akan Tertibkan Iklan Rokok di Toko Ritel

Lebih lanjut Arya Wibawa mengatakan, Penderita kanker dengan kategori yang baru terus meningkat dari tahun ke tahun. Penyakit kanker sering kali ditemukan sudah dalam stadium lanjut sehingga sulit ditangani dan berbiaya besar, ini menjadi beban berat bagi pasien dan keluarga. Mengingat saat ini penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia. Jika tidak dikendalikan, pada tahun 2030 diperkirakan 26 juta orang akan menderita kanker dan 17 juta orang akan meninggal diakibatkan penyakit kanker.

Untuk itu upaya pencegahan terhadap penyakit kanker di Denpasar telah dilakukan oleh pemerintah Kota Denpasar khususnya di sekolah-sekolah melalui pembinaan, penyuluhan, dan lomba penanggulangan kanker terpadu paripurna (PKTP)/YKI di tingkat SD dan SMP, penerapan peraturan daerah no 7 tahun 2013 tentang kawasan tanpa rokok, pelaksanaan IVA Test sebagai salah satu kegiatan deteksi dini penyakit kanker dan mulai tahun 2013 telah dilaksanakan pemberian vaksinasi pencegahan kanker leher rahim (kanker serviks) kepada siswa perempuan kelas 1 SMP dan di tahun 2019 Kepada siswi kelas 5 SD di Kota Denpasar.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Terima Panitia Sanur Village Festival 2022, Tandai Kebangkitan Pariwisata Sanur

“Kepada seluruh pengurus YKI tahun 2021 -2026 saya ucapkan selamat melaksanakan dan Mengemban tugas baru. Mari bekerja secara maksimal membantu masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat sehingga bisa mengurangi resiko kanker serta rutin melakukan deteksi dini kanker,” ungkapnya.

Sementara Ketua YKI Cabang Kota Denpasar, Tri Indarti mengatakan kepengurusan Pengurus YKI Kota Denpasar masa bakti 2021-2026 dikukuhkan berdasarkan Surat Keputusan No.193/514-R/SK.Cab./YKI/IV/2022 tanggal 13 September 2022.

Dimana Pengukuhan ini dilakukan secara simbolis kepada satu orang pengurus serta ditandai dengan penyematan pin dan diikuti oleh 36 orang pengurus lainnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini