Bupati I Nyoman Giri Prasta
Bupati I Nyoman Giri Prasta didampingi Kadis PUPR I.B Surya Suamba saat membahas tindak lanjut investasi utilitas terpadu/ducting bersama di ruang pertemuan Rumah Jabatan Bupati Badung, Selasa (13/9/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Guna menjaga keindahan dan estetika wilayah, Pemkab. Badung memiliki program modernisasi ke bawah dengan membangun utilitas terpadu bawah tanah. Kegiatan ini sudah diwujudkan dengan pembangunan utilitas terpadu di kawasan Kuta dan Seminyak.

“Kita mempunyai program dalam menjaga estetika, keasrian dan keindahan. Maka kita melakukan modernisasi ke bawah. Kedepan utilitas terpadu menjadi prioritas utama di seluruh badung, namun urgency saat ini di kawasan pariwisata Kuta,” terang Bupati I Nyoman Giri Prasta didampingi Kadis PUPR I.B Surya Suamba saat menerima Investor dalam rangka menindaklanjuti investasi utilitas terpadu/ducting bersama di ruang pertemuan Rumah Jabatan Bupati Badung, Selasa (13/9/2022).

Baca Juga :  Tingkatkan Semangat Belanja Lokal, Semarak "Jumat Ceria" di Badung Berkolaborasi dengan Musyawarah Nasional Perempuan 2024

Lebih lanjut dijelaskan, Bupati menyambut baik kehadiran investor yang ingin bekerjasama dalam upaya meningkatkan pembangunan di kabupaten badung. Menurut Bupati pengembangan utilitas terpadu ini sudah terlaksana namun sebatas di kawasan jalan poppies 1, poppies 2 Kuta dan Seminyak menuju Basangkasa. Hal ini sebagai upaya penataan kabel yang masih menggantung dan melintang, termasuk jaringan listrik maupun PDAM. Untuk kedepan seluruh wilayah badung dapat dibangun utilitas terpadu bawah tanah, namun yang mendesak sekarang kebutuhan di kawasan kuta yang menjadi utama.

“Semua wilayah Badung menjadi prioritas utama, namun emergensinya di kawasan Kuta,” tambahnya seraya menyebutkan bahwa investasi oke tapi jangan memarjinalkan masyarakat.

Baca Juga :  Yongki Perdana Luncurkan Dua Varian Parfume dengan Harga Terjangkau

Dijelaskan pula, Bupati ingin menjadikan Badung Smart City, dengan telah memasang fiber optik diatas 17 core sepanjang 156 km dari ujung Utara hingga Selatan Badung. Tempat-tempat umum kini telah dipasang WiFi gratis.

“Kalau tidak pandemi kita pastikan WiFi gratis masuk ke rumah-rumah,” tambahnya.

Sementara President Director PT. Inti Bangun Sejahtera, Andre Tjioe, yang bergerak di bidang infrastruktur telekomunikasi, pihaknya ingin bekerjasama dengan Pemkab Badung dengan membangun utilitas terpadu. Karena dilihat masih banyak kabel-kabel yang menggelantung di udara, untuk itu diturunkan ke bawah tanah ke utilitas terpadu.

“Kalau diberi kesempatan kita yang bangun semua dan semua fiber optik diturunkan ke bawah. Ini program kita, kalau disetujui kita akan kebut mulai 2023. Kita butuh waktu 8-10 bulan menyelesaikan proyek ini,” terangnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News