Kepala Desa Selisihan
Kepala Desa Selisihan Berharap dapat Berkolaborasi Lebih Lanjut dengan Universitas Udayana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana, telah sukses melaksanakan seminar yang bertemakan ‘Strategi Pengembangan Potensi Desa sebagai Sumber Pendapatan Desa dalam Mendorong Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa’.

SBD terlaksana pada Jumat (23/9/2022), dengan menghadirkan Kepala BPSDM-PMDDTT Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd., Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA., Direktur Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi, Kementerian PPN/BAPPENAS, Dr. Ir. Ahmad Dading Gunadi, MA, dan Kejaksaan Tinggi Provinsi Bali yang diwakili oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, Teguh Subroto, S.H., M.H., selaku pembicara. Turut hadir pula Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU.

Baca Juga :  Seminar Bhakti Desa ke V Tahun 2022, Sinergi Nyata Universitas Udayana dan Masyarakat Bali

Adapun peserta SBD V 2022 adalah seluruh Kepala Desa, Bendesa Adat dan Lurah di Provinsi Bali. Kepala Desa Selisihan, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, I Nengah Sucitra yang tergabung sebagai peserta dalam acara ini, saat diwawancarai secara langsung di lokasi seminar, Beliau mengungkapkan bahwa pelaksanaan SBD V 2022 ini merupakan kegiatan yang sangat positif terutama dalam hal pemberian masukan dan pengembangan wilayah desa baik dari segi tata usaha maupun strategi pengembangan potensi desa, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Desa Selisihan memiliki potensi utama yang menjadi prioritas pengembangan saat ini yaitu produktivitas sektor pertanian yang menghasilkan komoditi unggulan cabai rawit dan palawija. Potensi ini tentu memiliki kontribusi penting dalam peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Desa Selisihan,” terang Sucitra.

Baca Juga :  Universitas Udayana Ditunjuk Sebagai Universitas Pelaksana Program Kampus Sehat  

Selain itu, terdapat pula potensi lainnya berupa pengembangan agrowisata berbasis pertanian tradisional, yang diharapkan nantinya mampu berkolaborasi dengan berbagai instansi – instansi terkait seperti Universitas Udayana. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini