FKP Unud
Mahasiswa Prodi Ilmu Kelautan FKP Unud lakukan MBKM Membangun Desa di Desa Bunutan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Program Studi Ilmu Kelautan (IKL) mengadakan serah terima mahasiswa dalam rangka pelaksanaan salah satu aktivitas Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), pada Senin (19/9/2022) yaitu MBKM Membangun Desa dengan tema ‘Bina Desa Maritim’.

Program MBKM ini akan dilakukan selama 6 bulan ke depan oleh 15 mahasiswa program studi Ilmu Kelautan FKP Unud di Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan I FKP Unud, I Gede Hendrawan, S.Si., M.Si., Ph.D; Camat Abang, Artha Negara, S.STP., MAP; Perbekel Desa Bunutan, I Made Suparwata, SE; dan beberapa dosen dari prodi IKL FKP Unud. Dalam sambutannya, Wakil Dekan I FKP Unud mengatakan bahwa selain menjalankan usulan aktivitas yang didanai oleh Kemendikbud melalui PKKM.

“Kegiatan ini juga merupakan bentuk implementasi nyata dari apa yang sudah dipelajari oleh mahasiswa di kampus untuk dapat dipraktekkan secara nyata di lapangan, sehingga memiliki dampak yang bisa dirasakan oleh masyarakat,” ucap Hendrawan.

Baca Juga :  FKH Unud Mengadakan Puncak Perayaan World Veterinary Day 2022

Adapun rangkaian kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan dalam terdekat adalah antara lain pembangunan struktur transplantasi karang dan pembangunan website Sistem Informasi Geografis (SIG).

Perbekel Desa Bunutan dan Camat Abang sepakat akan mendukung kegiatan yang akan dijalankan oleh mahasiswa IKL FKP Unud.

“Kami optimis bahwa apa yang akan diimplementasikan pada aktivitas Bina Desa Maritim akan membawa dampak yang positif terkhusus pada Desa Bunutan, yang mengedepankan pariwisata berbasis kelautan dan perikanan sebagai ujung tombak perekonomian kami,” ucap I Made Suparwata selaku Perbekel Desa Bunutan.

Bina Desa Maritim merupakan salah satu dari beberapa aktivitas yang diajukan dan layak didanai oleh Kemendikbud dalam bentuk dana hibah. FKP Unud melalui Program Studi Ilmu Kelautan berharap dengan adanya program MBKM ini, tidak hanya mahasiswa yang akan mendapat pengalaman, namun akan berimbas pada capaian IKU Fakultas, dan memiliki dampak yang nyata kepada masyarakat Desa Bunutan, baik secara ekonomi maupun lingkungan. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini