simas jiwa
Lima Manfaat Asuransi Jiwa dan Jenis-jenisnya. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Tidak dipungkiri, kematian memang penuh dengan misteri karena tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Sebagai individu, kita hanya bisa mempersiapkan diri jika kematian tersebut datang menjemput.

Tentunya, ada banyak persiapan yang dapat dilakukan, salah satunya memastikan bahwa keluarga yang ditinggalkan bisa tetap aman dan selalu tercukupi dari segi finansial. Persiapan ini bisa dilakukan dengan mendaftarkan diri sebagai peserta asuransi jiwa.

Salah satu produk asuransi jiwa yang bisa dipilih adalah Simas Jiwa. Anda bisa cari tahu asuransi Simas jiwa selengkapnya di sini!

Selain itu, Anda bisa cari tahu asuransi kesehatan terbaik juga jika ingin mendapatkan manfaat dari asuransi tersebut.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli polis asuransi, pastikan Anda memilih perusahaan asuransi yang sudah terbukti aman, terpercaya, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Apa Itu Asuransi Jiwa?

Asuransi jiwa adalah perlindungan untuk keluarga peserta pemegang polis asuransi jika terjadi kematian. Jenis asuransi ini memungkinkan keluarga peserta polis asuransi bisa mendapatkan keamanan finansial dan perlindungan untuk keluarga yang ditinggalkan.

Dalam hal ini, nasabah asuransi jiwa harus membayar premi yang telah ditentukan secara berkala. Ketika nasabah tersebut meninggal dunia, maka uang pembayaran premi tersebut akan diberikan kepada anggota keluarga yang ditinggalkan sebagai uang untuk pertanggungan.

Asuransi jiwa sendiri terdiri dari beberapa jenis yang dapat dipilih oleh nasabah sesuai dengan kebutuhan serta kondisi finansial. Beberapa jenis asuransi jiwa adalah sebagai berikut:

  • Asuransi jiwa berjangka (term life)
  • Asuransi jiwa dwiguna (endowment)
  • Asuransi jiwa seumur hidup (whole life)
  • Asuransi jiwa unit link

Ada banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan polis asuransi jiwa. Salah satu asuransi jiwa terbaik adalah Simas Jiwa.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menjadi nasabah asuransi Simas Jiwa.

Manfaat Asuransi Jiwa untuk Perlindungan Optimal

Sebagai salah satu polis asuransi yang paling banyak diminati, sudah tentu asuransi jiwa menawarkan banyak manfaat dan keunggulan. Lalu, apa saja manfaat asuransi jiwa?

1. Memproteksi risiko kematian

Manfaat utama dari asuransi jiwa adalah dapat memberikan proteksi terhadap berbagai risiko musibah yang terjadi di masa depan.

Contohnya, apabila kepala keluarga meninggal dunia akibat kecelakaan atau mengalami sakit yang menyebabkan hilangnya mata pencaharian.

Baca Juga :  Tahun 2024, Distan Denpasar Targetkan Vaksinasi Rabies Sasar 73.975 HPR

Dalam hal ini, asuransi jiwa akan membayar uang pertanggungjawaban dari musibah tersebut.

2. Menjaga kelangsungan hidup ahli waris atau keluarga

Asuransi jiwa juga bermanfaat untuk memastikan bahwa keluarga atau ahli waris bisa menjalankan kembali kehidupan dengan normal setelah ditinggalkan.

Dengan adanya asuransi jiwa, maka akan memberikan kepastian untuk mempersiapkan masa depan keluarga atau ahli waris. Misalnya, kepastian pendidikan anak serta finansial keluarga.

3. Memberikan rasa aman dan tenang

Seperti yang kita tahu bahwa tidak ada yang menebak bagaimana nasib atau kehidupan di masa depan. Memiliki asuransi jiwa merupakan pilihan tepat untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi masalah-masalah yang mungkin terjadi di masa depan.

Dengan begitu, maka kita akan merasa lebih aman dan tenang karena adanya jaminan asuransi untuk ahli waris.

4. Membantu perencanaan keuangan

Asuransi jiwa juga berperan sebagai komponen penting untuk membangun perencanaan keuangan yang baik.

Dengan memiliki asuransi ini, maka Anda akan mulai terbiasa untuk berkomitmen dalam menyisihkan penghasilan agar dapat membayar premi asuransi. Artinya, Anda bisa lebih hemat serta bijak dalam mengelola keuangan.

Baca Juga :  Minyak Cukli : Keajaiban Herbal dari Kedalaman Laut Buleleng, Ampuh Obati Penyakit Medis maupun Non-Medis

5. Menjadi tambahan investasi

Pada produk asuransi jiwa unit link, sejumlah premi yang dibayarkan bukan hanya dialokasikan untuk asuransi saja.

Nasabah asuransi jiwa unit link juga akan mendapatkan manfaat berupa investasi. Tentunya, hal ini sangat bermanfaat karena bisa sekaligus berinvestasi yang menguntungkan.

6. Mempersiapkan pensiun

Saat menggunakan asuransi jiwa, Anda tidak hanya akan mendapatkan perlindungan jiwa saja.

Untuk penggunaan asuransi jiwa jenis unit link dan dwiguna, pemegang polis juga bisa dengan mudah mengetahui akumulasi dana persiapan pensiun yang tepat. Dengan begitu, maka persiapan pensiun jadi lebih matang.

7. Mencapai target biaya pendidikan anak

Tentu saja, tidak ada yang dapat memastikan mengenai kapan orangtua bisa membayar biaya pendidikan anak.

Sebagai solusi atas masalah ini, asuransi jiwa hadir supaya peserta bisa mendapatkan biaya pertanggungan untuk pendidikan anak di masa mendatang. Dengan begitu, maka tidak perlu khawatir karena pendidikan anak akan terjamin.

Nah, itulah penjelasan mengenai beberapa jenis serta manfaat asuransi jiwa. Semoga bermanfaat!. (*/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News