Jakarta Fashion Week
Jakarta Fashion Week 2023, Ajang Pengakuan terhadap Industri Fashion Indonesia. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Jakarta Fashion Week, yang merupakan pekan mode tahunan terbesar di Indonesia sekaligus menjadi barometer tren fashion terdepan, kembali diselenggarakan secara luring pada tahun ini. Acara ini tak hanya menjadi ajang memajukan industri fashion tanah air, tapi juga merupakan sebuah pengakuan terhadap industri fashion Indonesia, baik dari sesama pelaku fashion dan sektor ekonomi kreatif, industri terkait, para fashion enthusiast, dan masyarakat.

“Tema dari JFW 2023 adalah Fashion Reformation, yang menyiratkan semangat regenerasi di industri mode tanah air, sekaligus menjadi bentuk perayaan kreativitas dan kebangkitan para insan mode setelah melalui masa pandemi. Sambutan positif dan dukungan yang diberikan berbagai pihak untuk pelaksanaan JFW yang ke-15 ini, baik oleh para sponsor, partner lokal maupun internasional, serta dari masyarakat umum, kami jadikan suntikan semangat agar pelaksanaan JFW yang kembali diadakan secara luring ini bisa sesukses tahun-tahun sebelumnya,” ujar Svida Alisjahbana, CEO GCM Group yang merupakan Chairwoman JFW, Senin (26/9/2022).

Semakin mendekati pelaksanaannya, berbagai program terkait JFW 2023 mulai berlangsung. Salah satunya adalah pencarian JFW 2023 Icons oleh JFW Model Search, yang perjalanannya telah sampai pada pemilihan dua pemenang, yaitu Jacey Philana asal DKI Jakarta serta Viknes Waren asal Bali.

Wajah Jacey dan Viknes akan ditampilkan dalam rangkaian kampanye JFW 2023 sebagai representasi generasi baru di kancah mode dan modeling tanah air.

Baca Juga :  Lima Pebalap Astra Honda Siap Dominasi Kejurnas Superport 600 di Mandalika

“Selain kekuatan karakter serta keunikan para model, JFW juga terus meningkatkan standar untuk fokus dalam menggali dan mengembangkan potensi para model sehingga menjadi bekal untuk berkancah di panggung mode global dari Jakarta ke segala penjuru dunia,” papar Andandika Surasetja, Creative Director JFW 2023.

Proses perjalanan pemilihan kedua JFW 2023 Icons ini dapat disaksikan dalam tayangan web series JFW 2023 Icons – The Journey sebanyak enam episode yang disiarkan melalui kanal YouTube JFW Official, JFW.TV, serta streaming partner TikTok dan Vidio. Animo dan dukungan yang luar biasa ditunjukkan oleh masyarakat Indonesia atas ajang ini, terbukti dengan total penayangan menembus dua juta views dalam dua pekan.

Dukungan bagi pelaksanaan JFW 2023 juga diberikan oleh para partner internasional, salah satunya adalah Korea Content Creative Agency (KOCCA) yang merupakan lembaga ekonomi kreatif Korea Selatan.

“Sebagai bentuk kerja sama dengan JFW 2023, KOCCA akan memperkenalkan dua fashion brand asal Korea Selatan, yaitu Doucan dan Saint Ego. Doucan adalah brand pakaian wanita premium dari desainer Choi Chunghoon, sementara Saint Ego merupakan brand pakaian pria dari desainer Kim Young Hoo. Sebaliknya, KOCCA juga akan memperkenalkan fashion Indonesia ke publik Korea Selatan lewat karya-karya dari Monique Natalia Soeriaatmadja dari Soe Jakarta dan Anandia Putri Harahap dari IKYK di Fashion Code 2023 pada tanggal 6-8 Oktober mendatang,” jelas Kim Young Soo, Regional Director KOCCA Indonesia.

Baca Juga :  Subsidi Listrik Ke PLN Rp75,83 Triliun, Wujud Negara Hadir Sediakan Akses Listrik Terjangkau Bagi Masyarakat Miskin
JFW 2023 Icons
JFW 2023 Icons
(ki-ka) Viknes Waren dan Jacey Philana. Sumber Foto : Istimewa

Seperti pekan mode dunia lainnya, JFW 2023 tak hanya menjadi barometer tren fashion tapi juga tren kecantikan. Karena itulah, dukungan tak hanya datang dari pelaku fashion, tapi juga industri kecantikan. Dukungan ini diberikan untuk kesekian kalinya oleh Make Over sebagai Official Makeup Partner, Wardah sebagai Official Partner, L’Oréal Professionnel sebagai Official Hairdo Partner, dan Artisan Pro.

“Sebagai professional makeup brand, Make Over secara konsisten terus menunjukkan dukungannya kepada perkembangan desainer fashion Indonesia dengan menghadirkan makeup look yang mendukung. Kembalinya Make Over sebagai Official Makeup Partner di JFW 2023 menjadi bukti bahwa industri fashion dan beauty Indonesia bisa saling bertautan,” ungkap Sulika, Head of Public Relations Make Over.

Senada dengan Make Over, Elsa Maharani, Head of Public Relations Wardah juga menyatakan antusiasmenya dalam mendukung JFW 2023.

“Wardah telah dikenal sebagai brand kecantikan yang membantu industri fashion dan perkembangan desainer fashion Indonesia lewat Wardah Fashion Journey. Kami sangat antusias untuk kembali memberi kontribusi kepada JFW 2023 sebagai Official Partner yang kehadirannya sangat ditunggu oleh para penikmat fashion lokal dan internasional,” ucap Elsa Maharani.

Pelaksanaan JFW 2023 juga tak lepas dari kontribusi L’Oréal Professionnel yang konsisten hadir sebagai Official Hairdo Partner.

“L’Oréal Professionnel telah menjalin kerja sama dengan JFW sejak 2012 dan terus berlanjut sampai saat ini, karena bagi kami, penataan rambut memegang peranan penting dari keseluruhan look para model yang memperagakan karya fashion di atas runway. Sebagai brand leader untuk produk-produk penataan rambut, kami berkomitmen untuk terus mendukung industri fashion tanah air agar fashion dan beauty Indonesia dapat maju bersama,” ungkap Hendra Purjaka, Brand General Manager L’Oréal Professionnel Product Division.

Baca Juga :  OJK Bersama Perbankan Dukung Pengembangan Keuangan Berkelanjutan

Artisan Pro, brand produk bulu mata lokal yang telah mendunia, ikut memberi dukungan kepada JFW 2023. Hal ini didasari kepada prinsip Artisan Pro yang tak hanya ingin menjadi brand yang menjual produk, tapi juga mendukung perkembangan industri kecantikan Indonesia, terutama para makeup artist. Karena industri fashion dan beauty selalu berjalan beriringan, maka para makeup artist tak boleh ketinggalan untuk meningkatkan keahliannya sehingga selalu dapat mendukung tren fashion.

JFW 2023 akan berlangsung selama sepekan pada 24-30 Oktober 2022 di Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan, dengan 4-5 peragaan fashion yang imersif setiap hari. Tak hanya itu, JFW juga menghadirkan pop-up retail space berupa Fashionlink di Atrium Level 2 PIM 3, Dewi Luxe Market di Atrium Ground Floor PIM 3, serta dapat diakses secara daring melalui laman Fashionlink dalam e-commerce Lazada.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News