Toilet Untuk Negeri
Peresmian 'Toilet Untuk Negeri The Berawa'. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Sebagai realisasi dari penandatanganan nota kesepahaman program ‘Toilet Untuk Negeri-Kolaborasi Teknologi Wujudkan Sanitasi’ pada bulan Juli lalu, hari Rabu (28/9/2022) bertempat di The Berawa Wantilan Pura Perancak, LIXIL bersama Jamban.id, Tukang.com, Ethis Indonesia, Gringgo, dan Frday meresmikan Toilet Untuk Negeri The Berawa, Bali. Lokasi ini menjadi proyek percontohan pertama sebagai bentuk komitmen bersama dalam berperan aktif meningkatkan fasilitas sanitasi bersih, nyaman dan inklusif untuk wisatawan lokal maupun asing dan seluruh masyarakat Indonesia.

Turut hadir dalam acara peresmian ini Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia, Arfindi Batubara, CEO The Berawa, Putrama Tuta Pradjawasita, CEO Jamban.id, Rudy Wahyu, CEO Tukang.com, Fajar Rizki, CEO Ethis Indonesia, Ronald Yusuf Wijaya, Arsitek Toilet Untuk Negeri The Berawa, Ary Indra dan Kepala Balai Pelatihan & Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, Transmigrasi Denpasar, Samuel Thanelah Sine.

Putrama Tuta Pradjawasita selaku CEO The Berawa mengatakan, Berawa berada di Kabupaten Tibubeneng yang merupakan salah satu kawasan destinasi wisata yang menjadi daerah pariwisata berkelanjutan.

“Saat ini, area Berawa memiliki daya tarik dan menjadi destinasi baru bagi para wisatawan. Saya berterimakasih atas dukungan dan doa restu dari Desa Tibubeneng, Desa Adat Berawa, dan Pura Prancak sehingga fasilitas toilet umum berbasis teknologi ini dapat hadir di The Berawa,” tutur Putrama Tama.

Lebih lanjut Putrama Tama menuturkan Toilet Untuk Negeri diharapkan dapat memberikan nilai tambah, kenyamanan dan kemudahan bagi para wisatawan, serta umat Hindu yang akan menjalankan ibadah di sekitar area Pura Segara Prancak yang jumlahnya dapat mencapai ribuan orang.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada LIXIL, Jamban.id, Tukang.com, Ethis Indonesia, Gringgo, dan Frday karena sudah memilih Berawa dalam membuat Proyek Kolaborator pertamanya yaitu ‘Toilet Untuk Negeri’. Sekali lagi Terima kasih banyak semoga dengan adanya Toilet ini bisa bermanfaat untuk Destinasi Wisata khususnya di Bali,” ucapnya.

LIXIL, Jamban.id, Tukang.com, Ethis Indonesia, Gringgo, dan Frday memiliki visi untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kualitas pariwisata dengan memberikan kemudahan akses toilet umum yang layak, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di sekitar daerah wisata yang menjadi area proyek Toilet Untuk Negeri.

Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia, Arfindi Batubara mengatakan, melalui proyek ini, para kolaborator bekerja sama dalam menyatukan keahlian terbaik masing-masing untuk memberikan standar baru pada toilet umum di Indonesia. Toilet Untuk Negeri the Berawa menjadi konsep toilet umum terintegrasi pertama yang didukung oleh perusahaan multi-teknologi di Indonesia dan dengan dukungan produk serta standar desain toilet umum dari LIXIL.

“Proyek ini mengimplementasikan Optimalisasi Sanitasi Indonesia Berbasis Teknologi, antara lain mendukung: sistem pembiayaan pembangunan, penyediaan kontraktor untuk membangun, penyediaan fasilitas toilet berstandar dunia, sistem monitoring berbasis aplikasi mobile, hingga sistem pembayaran online guna membantu pemberdayaan sanitationpreneurs (pengusaha sanitasi), dimana di The berawa pemilik toilet umum adalah entitas yang merupakan gabungan antara pengusaha dan anggota komunitas dari warga setempat,” jelas Arfindi Batubara.

Proses pembangunan Toilet Untuk Negeri the Berawa memakan waktu kurang lebih 40 hari, dimulai sejak tanggal 12 Agustus hingga 20 September 2022. Walau mendapati tantangan dari segi lokasi desain yang harus menyesuaikan dengan kearifan lokal, pembangunan Toilet Untuk Negeri the Berawa, Bali berjalan dengan lancar. Tantangan bersama yang selanjutnya dihadapi dan menjadi tugas bersama adalah memberikan edukasi dan kesadaran masyarakat, baik dari tingkat pengguna, pengelola maupun petugas kebersihan tentang pentingnya sarana sanitasi yang bersih, sehat, aman, dan nyaman.

Kehadiran Toilet Untuk Negeri diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perekonomian daerah dengan mengakselerasi Usaha Mikro Kecil Menengah di sekitar daerah wisata dan menciptakan lapangan pekerjaan baru khususnya bagi tenaga kerja berpendidikan rendah.

“Toilet Untuk Negeri diharapkan dapat memberikan dampak sosial ekonomi yang positif serta optimis dalam mendukung program pemerintah. Saat ini, kami akan fokus pada pasar tradisional, kawasan wisata, dan tempat ibadah lainnya di Bali. Dalam jangka panjang, kami akan hadir dalam 5 besar destinasi wisata super prioritas di Indonesia dan berbagai destinasi pariwisata lainnya,” tutupnya.(mon/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini