Ft unud
Fakultas Teknik Unud Menyelenggarakan Pelatihan Building Information Modeling? Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang menguasai teknologi digital untuk mendukung pembangunan infrastruktur di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, maka Fakultas Teknik Universitas Udayana bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah (BJKW) IV Surabaya melaksanakan kegiatan Pelatihan Building Information Modeling (BIM).

Kegiatan pelatihan BIM tersebut dilaksanakan selama 6 hari penuh pada 19-24 September 2022 bertempat di Laboratorium Komputasi Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Udayana, Bukit Jimbaran, Badung.

Kegiatan pelatihan BIM tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Udayana, Ir. I Ketut Sudarsana, ST, PhD yang didampingi oleh Koprodi Teknik Sipil Ir. Ida Ayu Made Budiwati, MSc, PhD, dan dihadiri pula oleh perwakilan dari BJKW IV Surabaya.

Dalam sambutannya, Dekan FT Unud menyampaikan peran penting pelatihan BIM bagi lulusan Fakultas Teknik Universitas Udayana yang akan memasuki dunia kerja dimana skill dan pengetahuan di bidang BIM sangat dibutuhkan mengingat tantangan pembangunan infrastruktur yang semakin kompleks.

Baca Juga :  Model Edukasi Kesehatan Wisata Komprehensif Antarkan Sri Nopiyani Raih Gelar Doktor Ilmu Kedokteran

“Saat ini pembangunan infrastruktur membutuhkan koordinasi kerja yang lebih intensif antar bidang ilmu seperti Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan juga disiplin ilmu keteknikan lainnya,” ucap Ketut Sudarsana.

Dengan penguasaan BIM maka koordinasi yang dilakukan akan menjadi lebih mudah sekaligus meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja. Dalam pelatihan tersebut, software yang digunakan adalah Tekla Structure yang merupakan salah satu software yang dikembangkan oleh PT. Trimble Indonesia.

Dipilihnya Lab Komputasi FT Unud sebagai tempat pelatihan merupakan kelanjutan dari kerjasama yang telah terjalin antara Universitas Udayana dengan PT Trimble Indonesia, dimana Universitas Udayana ditetapkan sebagai Authorized Training Center (ATC) untuk Tekla Structure.

Pelatihan kali ini diikuti oleh kurang lebih 30 orang alumni Universitas Udayana dengan instruktur terlatih yang juga merupakan dosen di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Udayana. Selama pelatihan, peserta diberikan materi berupa pengetahuan dan skill pemodelan bangunan, baik bangunan beton maupun baja, hingga pada level pendetailan struktur. Selain itu pelatihan juga diisi dengan pengalaman riil implementasi BIM pada proyek konstruksi yang telah dilaksanakan.

Pada hari terakhir, peserta pelatihan diuji dan akan apabila berhasil memenuhi syarat kompetensi minimal yang ditetapkan maka akan diberikan sertifikat resmi kompetensi di bidang BIM. Dalam pelatihan BIM ini, peserta tidak dipungut biaya dan biaya penyelenggaraan pelatihan ditanggung oleh BJKW IV Surabaya bekerjasama dengan PT Trimble.

Baca Juga :  Satukan Aspek Jurnalistik dalam Rangka Transformasi PTNBH, Tim Juru Bicara Unud Gelar Workshop

“Diharapkan pelatihan BIM ini akan terus digulirkan secara berkelanjutan setiap tahunnya sehingga mampu menyediakan sumber daya manusia yang siap pakai dan handal di bidang BIM,” tutup Dekan.

Pelatihan Batch 2 selanjutnya rencananya akan digelar di akhir tahun 2022 dengan target jumlah peserta sebanyak 40 orang yang juga akan diselenggarakan di Lab Komputasi FT Unud. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini