Bakti Sosial Kesehatan
Kegiatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat oleh LPPM dan RS UNUD. Sumber Foto : mon/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – LPPM UNUD (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Udayana) bekerja sama dengan Rumah Sakit Udayana menggelar kegiatan Bakti Sosial Kesehatan dalam rangka Dies Natalis ke-60 Universitas Udayana.

Acara yang bertajuk ‘Udayana Hadir Untuk Masyarakat’ ini berlokasi di Wantilan Desa Pecatu, Kuta Selatan pada hari Senin (26/9/2022). Turut Hadir memberikan sambutan pada kegiatan ini Ketua Panitia, Dr. A.A Anom Wiradana, Sp. B, Direktur Utama Rumah Sakit Udayana, Prof. dr. I Dewa Made Sukrama, M.Si, SPMK (K), Kepala Desa Adat Pecatu, I Made Karyana Yadnya, SE.,  dan Sekretaris LPPM, Ir. Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, S.T, M.Sc, Ph.d.,IPM.

Dalam laporannya, Dr. A.A Anom Wiradana, Sp. B Selaku Ketua Panitia mengatakan Kegiatan ini menyelenggarakan penyuluhan deteksi kanker, pelayanan kesehatan dan bakti sosial untuk masyarakat Desa Pecatu.

“Ada 14 dokter spesialis yang dilibatkan dalam kegiatan ini, semoga kegiatan penyuluhan dan pelayanan kesehatan serta bakti sosial bisa bermanfaat bagi kita semua,” ucap Dr. Anom Wiradana.

Baca Juga :  Gandeng Stakeholders, Prodi IPW Fakultas Pariwisata Unud Gelar Lokakarya Penyempurnaan Kurikulum

Kepala Desa Pecatu, I Made Karyana Yadnya, SE., sangat mengapresiasikan kegiatan ini karena sangat membantu masyarakat desa pecatu khususnya masyarakat yang tidak mampu.

“Kita terus berkomiten memberikan informasi kepada masyarakat tentang kerja sama dengan Rumah Sakit Udayana,” terang I Made Karyana Yadnya.

Lebih lanjut I Made Karyana Yadnya mengatakan semoga Rumah Sakit Udayana bisa membantu masyarakat desa pecatu khususnya tidak mampu karena banyak Rumah Sakit yang menolak pasien hanya karena keterbatasan biaya.

“Semoga kegiatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat desa pecatu untuk melakukan pengobatan dan saya berharap kegiatan ini akan terus dilakukan,” harapnya.

Baca Juga :  Visitasi Pembukaan Program Studi Spesialis Bedah Toraks, Kardiak dan Vaskuler FK Unud

Kegiatan Bakti sosial ini disarankan dan dilaksanakan oleh LPPM dan Rumah Sakit Udayana sebagai unit Universitas Udayana berkolaborasi sebagai pelayan kesehatan masyarakat.

“Rumah Sakit UNUD ini termasuk Rumah Sakit tipe B dan bulan november nanti akan terakreditasi A, dan akan menjadi RS rujukan dari beberapa Rumah sakit seperti Kasih Ibu dan Surya Husadha,” jelas dr. I Dewa Made Sukrama.

Ia juga menjelaskan pada saat pandemi Rumah Sakit Udayana terkenal dengan Rumah Sakit Covid, tetapi sekarang masyarakat tidak perlu khawatir karena ruang penanganan Covid-19 sudah dibedakan. Rumah Sakit Udayana juga akan melakukan Hospital Tour mulai dari Tanjung Benoa, Pecatu dan Jimbaran.

“Saya akan bekerja sama dan terus memberikan informasi tentang Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Udayana dengan Perbekel-Perbekel di Pecatu agar masyarakat lebih gampang mendapatkan akses pelayanan kesehatan di RS Universitas Udayana, ” ucapnya.

Baca Juga :  Dukung Desa Sedang sebagai Desa Wisata, FKH Unud adakan Penanggulangan Dermatitis dan Pengendalian Rabies  

Dalam LPPM UNUD (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Udayana) ada 2 tugas penting yaitu Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

“Agenda kegiatan hari ini adalah salah satu bentuk dharma dari perguruan tinggi yaitu Pengabdian masyarakat,” jelas Ir. Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, S.T, M.Sc, Ph.d.,IPM selaku Sekretaris LPPM.

lebih lanjut Ir. Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti mengucapkan Terima Kasih kepada Kepala Desa Pecatu serta jajarannya karena sudah membantu terselenggaranya kegiatan ini.

“Saya harap kegiatan ini akan terus dilakukan dan di dukung oleh Kepala Desa Pecatu serta jajarannya agar masyarakat tetap mendapatkan layanan kesehatan yang maksimal, sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan semoga kita semua dalam keadaan sehat,” tutupnya.(mon/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini