Bank Sampah
Desa Dauh Puri Kauh Buka Bank Sampah Pertiwi Asri. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Untuk mewujudkan penanganan sampah terintegrasi lewat Tempat Pembuangan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R), Desa Dauh Puri Kauh buka Bank Sampah di TPS3R dengan nama Pertiwi Asri, Minggu (25/9/2022).

Perbekel Desa Dauh Puri Kauh, Gusti Made Suandhi mengatakan pembukaan bank sampah  ini disambut antusias masyaralat setempat. Hal ini terlihat dari jumlah transaksi sampah hari ini sebanyak 464,9 kg.

Menurutnya kedepan bank sampah akan menghimpun sampah sampah yg bernilai ekonomis yg ada dimasing-masing rumah tangga yang dikoordinir kader PKK di Tingkat Dusun, untuk selanjutnya dibawa ke Bank Sampah Pertiwi Asri.

Lebih lanjut ia mengatakan, Bank Sampah Pertiwi Asri sebenarnya sudah berdiri tahun 2017, namun ada berbagai kendala yang menghambat berkembangnya bank sampah diantaranya, SDM, tempat, pandemi Covid-19 dan lain-lain. Pada tahun 2022 tepatnya 26 Agustus, TPS3R Pertiwi Asri diresmikan Wali Kota Denpasar.

Baca Juga :  #Cari_Aman Menyalip Kendaraan Besar di Jalan, Ini Tips Lengkapnya

“Momen inilah kami pakai untuk membangkitkan kembali Bank Sampah Pertiwi Asri dan kegiatan bank sampah kami pusatkan di TPS3R,” ucap Suandhi

Dalam kegiatan ini melibatkan semua perangkat dan staf desa. Dengan langkah ini diharapkan masalah sampah di Kota Denpasar bisa diatasi mulai dari sumbernya. Disamping itu masyarakat juga bisa mendapatkan nilai ekonominya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News