Departemen Kimia UGM
Departemen Kimia UGM Gelar Learning Satellite Program dengan Hokkaido University. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Departemen Kimia FMIPA UGM menggelar learning satellite program dengan Hokkaido University, Jepang.  Kegiatan merupakan bagian dari rangkaian Dies Natalis ke-67 FMIPA UGM dan berlangsung selama lima hari, tanggal 12-16 September 2022 di UGM.

PIC program dari UGM, Prof. Mudasir mengatakan program ini mengangkat tema Workshop on Environmental Issue 2022. Kegiatan diikuti sebanyak 20 mahasiswa meliputi 12 mahasiswa UGM dan 8 mahasiswa Hokkaido University yang berasal dari Jepang, China, dan India. Lalu didampingi lima profesor dari Hokkaido University, tiga profesor dan lima doktor dari UGM. Adapun kegiatan meliputi ragam aktivitas kuliah teoritik sampling and water treatment, sampling ke lapangan, analisisis di laboratorium, serta presentasi kelompok mahasiswa. Adapun kegiatan sampling dan monitoring tingkat pencemaran air dilakukan di empat titik Sungai Code dari hulu hingga hilir sungai.

Baca Juga :  Pj. Ketua Dekranasda Bali Hadiri HUT ke-44 Dekranas di Solo

Mudasir menjelaskan learning satellite program merupakan agenda rutin yang dimiliki oleh Departemen FMIPA UGM. Pada tahun ini program kembali dilaksanakan luring setelah pandemi dan menjadi bagian dari kolaborasi internasional UGM dengan universitas ternama di dunia. Selain itu kegiatan ini menjadi bagian dari kontribusi perguruan tinggi dalam penyelesaian masalah global terkait isu lingkungan perkotaan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News