Bupati Badung
Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta didampingi Ketua TP. PKK Badung, Nyonya Seniasih Giri Prasta menerima kunjungan kerja Bupati Brebes Idza Priyanti beserta jajaran di Puspem Badung, Jumat (16/9/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta didampingi Ketua TP. PKK Badung, Nyonya Seniasih Giri Prasta menerima kunjungan kerja Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah yang dipimpin langsung Bupati Idza Priyanti beserta jajaran di Puspem Badung. Kunjungan ini dalam rangka studi komparasi terkait peningkatan kapasitas Camat dalam percepatan pencapaian lunas pajak bumi dan bangunan, Jumat (16/9/2022). Turut hadir Asisten Administrasi Umum, Cok Raka Darmawan, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Made Sutama, Camat se-Kabupaten Badung serta perwakilan Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Badung.

Bupati Giri Prasta dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Idza Priyanti beserta jajaran karena telah memilih Badung sebagai lokus kunjungan. Melalui studi komparasi ini diharapkan kedua kabupaten bisa bersama-sama menjalin sinergi dalam membangun wilayah, melalui kolaborasi, saling mengisi kekurangan serta mengadopsi kelebihan masing-masing.

Baca Juga :  Bupati Badung Tutup Kejuaraan Bola Voli SBC Cup Il Banjar Dama

“Hal baik yang ada di Kabupaten Badung agar berkenan untuk dipertimbangkan, sementara hal yang kurang mari kita sempurnakan. Saya kira dari pemerintahan secara umum kita sudah sampaikan gambaran umum tentang Pemkab Badung serta keberhasilan-keberhasilan yang telah diraih Kabupaten Badung. Hal spesifik yang menjadi topik pembahasan kunjungan kerja ini adalah terkait PBB Perdesaan dan Perkotaan Tanpa Kena Pajak (PBB P2TKP),” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Giri Prasta menyampaikan berdasarkan Undang-Undang 28 tentang Pajak Daerah atau PBB Perdesaan dan Perkotaan Tanpa Kena Pajak (PBB P2TKP), Kabupaten Badung telah mengeluarkan kebijakan penggratisan PBB P2TKP bagi masyarakat tanpa memandang suku agama dan ras.

Baca Juga :  Bupati Badung Hadiri HUT Ke-17 ST. Yowana Lila Cita di Banjar Bhuana Gubug Jimbaran

“Ini merupakan kebijakan out of the box yang kita lakukan keluar dari zona nyaman demi kepentingan dan kebutuhan masyarakat. Selanjutnya berkenaan dengan tugas dan fungsi kecamatan memang administrasi umum dan sebagainya, fungsinya adalah koordinasi, sehingga kita sudah sampaikan sepenuhnya kepada Ibu Bupati Brebes dan jajaran terkait program kegiatan dan seterusnya, ketika fungsi koordinasi terkait pajak diberikan kepada Camat, nanti upah pungutnya dapat disitu. Saya kira ini betul-betul direspon dengan baik oleh Ibu Bupati beserta jajaran. Inilah kolaborasi yang sangat baik antara Pemkab Badung dengan Pemkab Brebes dan tali silaturahmi ini kita jadikan sebuah kekuatan bersama,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Brebes, Idza Priyanti merasa sangat terhormat dan berterima kasih atas penerimaan yang begitu hangat dari Bupati Badung bersama Ketua TP PKK Badung. Melalui kunjungan kerja ini pihaknya ingin belajar ke Kabupaten Badung dalam hal peningkatan kapasitas Camat dalam percepatan pencapaian lunas pajak bumi dan bangunan.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Hadir di Peringatan Bulan Bung Karno Desa Darmasaba

“Kami kesini bersama jajaran yang terdiri dari Asisten III, Kepala Bapenda, Ketua Dekranasda dan Camat se-Kabupaten Brebes yang berjumlah 17 orang beserta istri, dalam rangka study banding untuk percepatan lunas pajak PBB di Kabupaten Brebes. Atas nama Pemkab Brebes, saya menyampaikan terima kasih karena telah diterima langsung oleh Bapak Bupati bersama ibu, jajaran OPD terkait dan Camat se-Kabupaten Badung. Kami merasa bersemangat atas penerimaan dan penjelasan yang begitu baik dari Bapak Bupati Badung,” katanya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini