Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Denpasar
Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa mengikuti Rapat Kerja Nasional Dekranas 2022 yang digelar secara daring dari Graha Sewaka Dharma, Selasa (20/9/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa mengikuti Rapat Kerja Nasional Dekranas 2022 yang digelar secara daring dari Graha Sewaka Dharma, Selasa (20/9/2022). Rakernas bertemakan Semangat Bertahan, Perajin Berdaya Saing ini dipimpin langsung Ketua Umum Dekranas, Hj. Wury Ma’ruf Amin.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Dekranas, Hj. Wury Ma’ruf Amin mengatakan, tema ‘Semangat Bertahan, Perajin Berdaya Saing’ menunjukkan semangat para pengrajin terus berkarya. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan daya saingnya disaat Covid-19.

‘’Rasa optimisme yang harus kita tunjukkan bahwa kita mampu melewati situasi ini dengan baik kita harus sanggup merubah tantangan ini menjadi suatu peluang dan serta dapat mengambil hikmah dari kejadian pandemi ini,’’ ungkapnya.

Menurut Wury, pelaksanaan Rakernas ini guna menyusun program kerja yang akan dijadikan pedoman, sehingga menjadi panduan  bagi organisasi dekranasda di seluruh Indonesia selama satu tahun kedepan.

Baca Juga :  Ajak Siswa Kelola Keuangan Sejak Dini, Asuransi Astra Gelar Program LENTERA di SMK Negeri 3 Denpasar

“Penyusunan program kerja ini sangat penting khususnya  jika dikaitkan dengan tujuan Dekranasda yang sangat mulia diantaranya menggali, melestarikan dan mengembalikan warisan budaya bangsa,” jelasnya.

Pihaknya berharap, perajin secara berkelanjutan terus meningkatkan kualitas produk kerajinan dan perajin dalam rangka memperkokoh jati diri bangsa. Hal ini dilaksanakan sebagai bentuk perhatian dan perjuangan kepentingan perajin dan mendorong semangat kewirausahaan serta mempromosikan produk kerajinan dalam rangka perluasan pasar-pasar dalam negeri dan dalam negeri.

“Semua hal tersebut hendaknya terwujud dalam program kerja disusun bersama, dan hendaknya dilakukan sejalan visi mulia yang diemban dekranas yakni menjadi lembaga yang andal dalam mendukung kemandirian ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Wury Ma’ruf Amin mengakui bahwa kearifan lokal dimasing-masing daerah menjadi kekuatan industri kerajinan yang tidak dimiliki negara lain. Demikian, tantangan yang dihadapi para pengrajin terutama di masa pandemi, diantaranya keterbatasan permodalan, kurangnya akses pasar dan minimnya regenerasi sumber daya manusia perajin yang andal. Terlebih pasar impor yang membanjiri bangsa Indonesia.

“Kondisi ini perlu dicarikan solusinya dan dicarikan terobosan dan ide kreatif yang meningkatkan daya saing. Dengan demikian pengrajin bisa menjadi pengrajin di negeri sendiri dan bahkan bahkan bisa bersaing di pasar global,” tegasnya.

Wakil Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa mengatakan, dalam melaksanakan kegiatan Dekranasda Kota Denpasar selalu berpedoman dengan program kerja yang mengutamakan menggali, melestarikan dan mengembalikan warisan budaya bangsa. Serta meningkatkan kualitas produk kerajinan dan perajin dalam rangka memperkokoh jati diri bangsa dan kearifan lokal di Kota Denpasar.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Hadiri Pembinaan Drama Gong Duta Kota Denpasar

Dimana, Lanjut Ayu Kristi, pada tahun 2022 ini, Dekranasda Kota Denpasar telah melaksanakan berbagai kegiatan yang sesuai dengan program yang dibentuk. Diantaranya Pelatihan Desain Fashion Bagi Pemula, Pelatihan Desain Fashion, Pameran Gema Tridatu, Sosialisasi Program Dagang dan Misi Dagang, Pelatihan Perca Endek, Pemilihan Duta Kota Denpasar, Lomba IKM, Monitoring dan Evaluasi ke pengrajin dan masih banyak lagi kegiatan yang belum terselenggara.

“Untuk program kerja tahun 2023 sudah dipersiapkan tinggal menunggu waktu pelaksanaan rapat kerja, tentu kami siap bersinergi wujudkan Semangat Bertahan, Perajin Berdaya Saing,” ujar Ayu Kristy Arya Wibawa.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News