UGM
UGM Unggul di Pemeringkatan Media Sosial dan Website Versi RevoU. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – UGM berhasil menjadi perguruan tinggi unggul di Indonesia dalam pengelolaan media sosial dan website yang dirilis oleh startup bidang teknologi edukasi RevoU. UGM mendapatkan peringkat 1 universitas dengan pengunjung website terbesar dan jumlah pengikut terbanyak di Instagram serta peringkat 2 universitas dengan jumlah pengikut terbesar di media sosial.

Dari hasil studi yang dirilis RevoU menunjukkan UGM berada di posisi 1 berdasarkan jumlah kunjungan website dan jumlah pengikut di Instagram. Selain itu UGM berada di posisi 2 berdasar jumlah pengikut di Twitter dan LikedIn, serta jumlah subscriber di YouTube.

“Pemanfaatan website dan medsos menjadi fokus perhatian UGM karena melalui platform tersebut bisa menjangkau audiens dengan mudah dan lebih luas,” jelas Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Dina W. Kariodimedjo, S.H., LL.M., Ph.D., Kamis (25/8/2022).

Perangkingan dilakukan dengan merangkum pertumbuhan platform digital berbagai universitas di Indonesia periode Q3 tahun 2022. Dari studi tahun ini ada 30 universitas baik negeri maupun swasta yang diteliti. Adapuyn kriteria penilaian berdasarkan jumlah pengunjung website (Similarweb), jumlah pengikut medsos (Instagram, Twitter, LinkedIn, YouTube), jumlah konten di masing-masing platform medsos tersebut, dan strategi konten di media sosial.

Baca Juga :  2.559 Konsumen Setia Honda Mudik Bersama ke Kampung Halaman

“Bersyukur atas pencapaian ini. Hasil yang diperoleh tidak lepas dari penerapan strategi dalam pengelolaan website maupun medsos. Salah satunya dengan pengayaan konten sesuai perkembang tren medsos dan kebutuhan audiens,” paparnya.

Data RevoU yang diambil per Juli 2022 dari masing-masing universitas menunjukkan UGM menjadi terbaik dengan jumlah kunjungan website perbulannya mencapai 6,1 juta. Berdasarkan data dari SimilarWeb, rata-rata waktu yang dihabiskan di website universitas adalah 5.23 menit.

Selain terbanyak jumlah kunjungan website, Instagram UGM dalam kurun waktu kurang lebih 1 tahun mendapatkan lebih dari 100.000 pengikut dan menduduki rangking 1 dengan 894.300 pengikut. Selain konten UGM Sepekan, strategi konten Instagram yang dilakukan oleh UGM antara lain membuat konten edukatif dengan infografik dan kilas balik UGM. Tak hanya itu, UGM sukses membuat pengikutnya merasa dekat dengan rektor, mahasiswa, pimpinan kampus dengan video reels dialog interaktif.

Berikutnya, di platform Twitter, UGM menjadi universitas dengan jumlah pengikut lebih dari 1 juta yakni sebanyak 1.139.600. Lalu UGM juga dinilai menjadi universitas yang aktif memproduksi konten di LinkedIn dengan pengikut 168.000.

Sementara itu YouTube UGM berhasil menembus 100.000 subscriber. Adapun startegi konten yang dilakukan oleh UGM dengan mengunggah konten wisuda, seminar nasional, stadium general, UGM Update, UGM Podcast, penerimaan mahasiswa baru dan konten hangat lainnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News