Pompa Hidram
Mampu Mengairi 450 Hektar Sawah di Bima, Pangdam Udayana Resmikan Pompa Hidram Terbesar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BIMA – Usai mengunjungi Pembangunan Pompa Hidram di Dompu, Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., melanjutkan agenda kunjungan kerjanya ke wilayah Kabupaten Bima guna meresmikan Pompa Hidram Pertanian untuk masayarakat Desa Monggo dan Desa Ncangi serta bertatap muka dengan seluruh Prajurit Yonif 742/SWY.

Kunker Pangdam IX/Udayana di Kabupaten Bima diawali dengan melaksanakan peresmian penggunaan Pompa Hidram Pertanian di Desa Monggo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, yang dihadiri oleh Bupati Bima, Ibu Hj. Dinda Damayanti beserta Forkopimda Kabupaten Bima dan undangan lainnya, pada Rabu (24/8/2022).

Dalam sambutannya, Pangdam menyampaikan rasa bangga dan ucapan terima kasih kepada seluruh prajurit Kodim 1608/Bima didukung Pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Desa yang telah bahu membahu membangun Pompa Hidram untuk pertanian, hingga pada hari ini dapat diresmikan dan dapat digunakan.

“Pompa hindaram ini adalah salah satu wujud kepedulian Angkatan Darat khususnya Kodam IX/Udayana terhadap kesulitan masyarakat terutama air bersih untuk keperluan sehari-hari dan mengairi persawahan,” ungkap Pangdam.

Baca Juga :  Kodim Badung Salurkan Bantuan Tunai Pemerintah Rp1,2 Juta Kepada 5.000 PKL dan UMKM

Lebih lanjut Pangdam mengatakan bahwa Pompa Hidram ini diperoleh dari dukungan semua pihak, termasuk perhatian dari para donatur yang merasa terpanggil untuk membantu masyarakat yang kesulitan air. Meski pembangunan dari titik Pompa Hidram menuju Bak Primer sejauh 1.500 meter, namun akhirnya dapat diselesaikan dan air mengalir dengan lancar.

“Pompa Hidram ini adalah yang terbesar diantara 11 titik Pompa Hidram yang telah dibangun tersebar di beberapa wilayah Kodam IX/Udayana, karena mampu untuk mengairi persawahan seluas 200 hektar di Desa Monggo dan 250 hektar di Desa Ncandi,” ujar Pangdam.

Baca Juga :  Satgas TMMD Kodim Karangasem Bangun Bak Penampungan Air Bersih
Pompa Hidram
Mampu Mengairi 450 Hektar Sawah di Bima, Pangdam Udayana Resmikan Pompa Hidram Terbesar. Sumber Foto : Istimewa

Mengakhiri sambutannya, Pangdam berharap Keberadaan Pompa Hidram ini dapat menjadi harapan baru bagi masyarakat desa dalam meningkatkan hasil produksi pertanian yang akan menjadi lumbung pangan di Kabupaten Bima, sehingga tujuan pemerintah Indonesia untuk menuju swasembada pangan nasional akan terealisasikan.

Sementara itu, Bupati Bima dalam sambutannya mengungkapkan rasa haru dan bangganya atas kunjungan kerja Pangdam di Kabupaten Bima dan telah memberikan perhatian khusus dengan membangun Pompa Hidram Pertanian untuk masyarakat Desa Monggo dan Ncangi.

“Ini adalah anugrah yang dititipkan Allah melalui Kodam IX/Udayana yang akan bermanfaat bagi masyarakat untuk menigkatkan produksi pertanian jagung untuk masyarakat kami,” tandas Bupati.

Selesai melaksanakan peresmian Pompa Hidram, Pangdam melanjutkan Kunkernya menuju Kompi senapan A Yonif 742/SWY yang berada di Jalan Datoq Dibantah, Kota Bima. Di sana, Pangdam bertatap muka dan memberikan pengarahan untuk memotivasi dan memompa semangat seluruh Prajurit Yonif 742/SWY dalam melaksanakan tugas.

Baca Juga :  Jaga Sinergitas Antara TNI dan Jurnalis, Danrem Wira Satya Resmikan Media Center

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam menyampaikan harapan yang besar kepada seluruh prajurit, disamping menjalankan tugas dan kewajiban kepada negara, namun juga harus memikirkan masa depan diri dan keluarga dengan menyiapkan rumah pribadi.

“Rasanya saya bersalah jika anggota yang sudah saya pimpin kemudian terlantar dihari tuanya, karena itu saya berharap agar sedini mungkin para anggota mencari solusi dan memiliki target walaupun melalui KPR,” tegas Pangdam.

Selanjutnya, Pangdam menyampaikan sosialisasi program aplikasi E Praja Raksa kepada para Babinsa dan anggota lainnya. Aplikasi yang sudah diluncurkan Kodam IX/Udayana beberapa waktu lalu tersebut bertujuan untuk mempermudah anggota dalam menyampaikan laporan secara berantai sesuai dengan kegiatan dan tugas telah dilaksanakan. (bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini