Ngaben Massal
Tunjukan Bukti Nyata, Kembali Bupati dan Wakil Bupati Bangli Serahkan Banten Upasaksi Pengabenan Massal. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Merupakan tujuan awal sebelum menjabat, ingin meringankan beban masyarakat Kabupaten Bangli terkait  pelaksanaan upacara adat, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta bersama Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, pada Senin (8/8/2022) kembali hadir dan menyerahkan bantuan banten Upasaksi Pengabenan di beberapa lokasi  Desa Adat di Kabupaten Bangli yang sedang  melaksanakan Upacara Pitra Yadnnya (ngaben massal).

Bupati Sedana Arta dalam kesempatan tersebut menyampaikan, semua yang dilakukan bersama jajarannya ini merupakan wujud keperdulian terhadap masyarakat sesuai program Pemerintah Kabupaten Bangli guna meringankan beban masyarakat terkait upacara pengabenan, berupa bantuan Banten Upasaksi Pengabenan sebesar Rp1 juta kepada masing-masing sawa dalam pelaksanaan upacara ngaben massal.

Baca Juga :  Jajaran Pemkab Tabanan Ngaturang Bhakti Penganyar di Pura Ulun Danu Batur Bangli

“Dengan program ngaben massal ini, diharapkan dapat memberi dampak positif di tengah perkembangan teknologi yang kian melaju pesat, sehingga akan terjalin hubungan kekerabatan yang lebih erat, kegotongroyongan semakin kuat dan kekerabatan semakin kental,” ujarnya.

Sedana Arta menambahkan, apa yag diberikan dari pemerintah memang tidak sebanding dengan pengorbanan masyarakat dalam beryadnya.

“Akan tetapi bantuan ini diharapkan dapat meringankan sedikit beban masyarakat  dan dipergunakan seoptimal mungkin untuk kelancaran upacara, semoga yang diupacarai hari ini mendapatkan tempat yang layak sesuai karmanya masing-masing,” tambahnya.

Lebih lanjut, adapun beberapa Desa Adat kali ini yang menerima bantuan banten Upasaksi Pengabenan berdasarkan jumlah sawa dengan perhitungan masing masing sawa sebesar Rp1 juta, diantaranya Desa Adat Desa Adat Bunutin Kintamani sebesar Rp39 juta, Desa Langgahan Kintamani sebesar Rp20 juta, Desa Adat Manikliyu sebesar Rp66 juta, dan Desa Adat Sekardadi sebesar Rp26 juta.

Baca Juga :  Pj Gubernur Mahendra Jaya Ikuti Prosesi Nedunang Ida Bhatara Serangkaian IBTK di Pura Agung Besakih

Turut hadir di tengah-tengah masyarakat yang melaksanakan upacara ngaben massal saat itu Ny. Sariasih Sedana Arta, Ny. Suci Diar, Sekda Kab. Bangli, Ida bagus Gde Giri Putra, Anggota DPRD Kab. Bangli, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bangli dan Camat se-Bangli, kehadiran Bupati dan Wakil Bupati Bangli dalam upacara ngaben massal tersebut disambut antusias oleh tokoh dan masyarakat setempat.

Beberapa perwakilan dari masyarakat yang menerima bantuan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangli dalam kepemimpinan Bupati Sang Nyoman Sedana Arta dan Wakil Bupati I Wayan Diar telah melaksanakan beberapa terobosan program  yang memang benar-benar berpihak kepada kepentingan masyarakat umum, salah satunya dalam bentuk bantuan upacara ngaben masal.

Baca Juga :  Sedana Arta Pimpin Rombongan Penganyar Pemkab Bangli ke Pura Ulun Danu Batur

“Semoga program ini bisa berkelanjutan sehingga dapat meringankan beban masyarakat yang melaksanakan upacara adat dan keagamaan serta dalam rangka mempertahankan adat, kebudayaan dan kearifan lokal sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli menuju Bangli Era Baru,” paparnya. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News