Denpasar
TPS3R Sadu Sumerta Dentim Jadi Kunker Studi Banding Kecamatan Buah Batu Kota Bandung. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Camat Denpasar Timur (Dentim), I Made Tirana, menerima Kunjungan Kerja (Kunker) dari Camat Buah Batu Kota Bandung, Edi Juhendi beserta jajaran di Kantor Kecamatan Dentim, Kota Denpasar, Rabu (24/08/2022). Tampak hadir pula Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLHK, I Ketut Adi Wiguna, dan Perbekel Desa Sumerta Kaja, I Gusti Ngurah Mayun didampingi pengurus TPS3R Sadu.

Kunker kali ini membahas perihal manajemen pengelolaan sampah dan dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke TPS3R Sadu Sumerta Kaja sebagai percontohan dan bahan study untuk melengkapi perencanaan penerapan dan pembangunan sistem pengelolaan sampah di Kecamatan Buah Batu Kota Bandung.

Saat kunjungan, Edi Juhendi menyampaikan, Saat ini di Kecamatan Buah Batu sedang merencakan untuk pembangunan dan manajemen sistem pengolahan sampah yang lebih efektif dan efisien, dan kami melihat dari berita yang beredar di media sosial, Kota Denpasar merupakan salah satu yang telah menerapkan sistem TPS3R seperti yang ada di Sadu Sumerta Kaja ini, yang nantinya akan kami jadikan bahan percontohan kami.

Sementara itu I Made Tirana mengatakan, Selain menerapkan sosialisasi pemilahan sampah di setiap rumah tangga, adanya TPS3R ini bisa mengurangi jumlah sampah yang disetor ke TPST, dengan kata lain permasalahan sampah diusahakan untuk bisa di selesaikan di tingkat kecamatan dengan sampah ini diolah menjadi pelet dan pupuk tanaman.

“Kami berharap kunjungan ini bisa untuk saling berbagi ilmu masalah penanganan sampah di tingkat desa dan kecamatan” ujar I Made Tirana.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini