Ratu Mas Sakti
Kolase, Pembangunan Pelinggih Luhur Ratu Mas Sakti, Desa Adat Seseh. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Rencana Puri Ageng Mengwi terkait pelaksanaan renovasi, restorasi, atau pemugaran seluruh pelinggih luhur Ratu Mas Sakti telah memasuki tahap realisasi. Pasalnya, saat ini pada Selasa (9/8/2022) penataan areal suci pelinggih luhur Ratu Mas Sakti yang terletak di Pantai Segara Seseh, Desa Adat Seseh, Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung tersebut mulai dikebut.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Ida Anak Agung Gde Agung selaku pelingsir Puri Ageng Mengwi yang juga anggota DPD RI utusan Bali dan Bupati Badung 2 periode (2005-2010, 2010-2015) mengatakan, terkait pemugaran pelinggih dan penataan areal pelinggih, harus segera dikebut pelaksanaanya, seperti kondisi meru yang ada sudah harus diganti, atap yang sudah tipis, kayu-kayu sudah mulai rapuh serta bataran yang ada harus segera direstorasi secara menyeluruh. Selain itu, areal Pura sudah tidak memungkinkan dan harus diperluas apalagi dengan banyaknya pemedek yang hadir saat piodalan kedepannya.

Baca Juga :  Jalin Silaturahmi, Kapolres AKBP Leo Dedy Defretes Suan Ke Puri Ageng Mengwi

“Renovasi ini diperkirakan selesai pada bulan Desember tahun 2022. Nantinya kita akan lanjutkan dengan upacara pemelaspas alit sekitar bulan Januari 2023 dan Pada tanggal 24 Mei 2023 bertepatan dengan rahina Pagerwesi yang merupakan hari Piodalan Ida Bhatara akan dilaksankan upacara pemelaspas Ageng,” ungkap Gungde Agung, (17/7/2022).

Sementara itu, Bendesa Adat Seseh, I Wayan Bawa saat dikonfirmasi langsung oleh awak media pada Selasa (9/8/2022) menambahkan, renovasi pelinggih dan penataan areal suci ini telah dimulai dengan tahapan pembangunan bale pesanekan, dapur, Toilet dan lain-lain. Pelinggih yang akan direnovasi ada sebanyak 7 buah terdiri dari 1 buah Meru tumpang 11, gedong alit 2 buah, paruman 2 buah, pepelik 1 buah, bale gong 1 buah, hingga perluasan areal suci pelinggih seluas 2 meter ke selatan serta meninggikan halaman pura kurang lebih 30 cm sampai 40 cm.

Baca Juga :  Puri Ageng Mengwi Siapkan Skema Pemugaran Pelinggih Luhur Ratu Mas Sakti

“Sumber dana Restorasi Pelinggih Luhur Ratu Mas Sakti ini sepenuhnya ditanggung oleh Ida Penglingsir Puri Ageng Mengwi beserta Asta Puri Ageng Mengwi, serta kami di Desa Adat Seseh, yang sebelumnya telah disepakati melalui pertemuan antara Puri Ageng Mengwi dengan kami di Desa Adat Seseh,” tambahnya. (aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini