Barang
Pentingnya #Cari_Aman Berkendara Bawa Barang untuk Teknisi PT Telkom Akses Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pekerjaan teknisi memiliki fungsi menyediakan layanan, pemeliharaan dan perbaikan serta bertanggung jawab atas operasi di lapangan, sehingga sering kali mobilitasnya cukup tinggi.

Untuk memudahkan pekerjaannya seorang teknisi tentunya ingin menyelesaikan pekerjaanya dengan cepat meskipun menempuh jarak hingga puluhan kilometer dan biasanya mereka menggunakan kendaraan mobil maupun sepeda motor untuk membawa barang. Melihat bahwa aktivitas di jalan raya cukup tinggi bagi teknisi apalagi dengan membawa barang, kali ini Astra Motor Bali melalui team safety riding-nya membagikan ilmu safety riding dengan mengadakan seminar tentang #Cari_Aman berkendara bawa barang.

Diikuti 200 teknisi PT Telkom Akses Bali, seminar safety riding dilaksanakan selama 2 hari 18-19 Agustus 2022 berlokasi di gedung telkom akses area denpasar

Materi yang di bawakan oleh Safety Riding Instructor Astra Motor Bali,Yosepth Klaudius memberikan lebih banyak tentang cara efektif membawa barang dengan menggunakan sepeda motor. Membawa barang bawaan secara benar dan aman bisa dengan menggunakan box khusus, tas dengan ukuran maksimal dan perlu diingat juga jangan membawa barang dalam jumlah yang berlebihan dengan alasan apapun.

Baca Juga :  Kejutan Hari Pelanggan Nasional, Management Astra Motor Bali Unboxing Gift untuk Konsumen Loyal

Seminar dibagi menjadi 2 batch. Selain itu menggunakan perlengkapan berkendara seperti jaket, helm, sarung tangan diingatkan sebagai salah satu upaya untuk keselamatan selama berkendara.

Prediksi bahaya di jalan raya pun wajib diketahui peserta, baik bahaya langsung, tidak langsung maupun tersembunyi, namun semua ini bisa dihindari dengan konsisten #Cari_Aman.

PIC Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi mengatakan pentingnya pengetahuan keselamatan berkendara bagi tenaga teknisi, apalagi aktivitasnya lebih sering di lapangan dan menggunakan sepeda motor.

“Dengan edukasi dam pelatihan yang diberikan ini, semakin membuka mindset peserta untuk lebih sadar dan wajib mengetahui dasar-dasar berkendara, kelengkapannya serta focus mematuhi aturan lalu lintas, serta batasan maksimal membawa barang. Peserta juga berkesempatan menyaksikan langsung peragaan yang dari team safety riding tehnik menggunakan motor dan membawa barang bawaan dengan baik dan selalu #Cari_Aman,” ungkap Iswahyudi.

Berikut hal penting yang perlu diperhatikan saat membawa barang:

  1. Sesuai dengan aturan yang berlaku yaitu peraturan pemerintah no. 74 tahun 2014 tentang barang bawaan, lebih tepatnya pasal 10 ayat 4 yaitu tercantum persyaratan teknis untuk sepeda motor. Meliputi lebar muatan memiliki lebar tidak melebihi stang kemudi, tinggi muatan tidak melebihi 900 (sembilan ratus) milimeter dari atas tempat duduk pengemudi dan barang muatan ditempatkan di belakang pengemudi, kemudian pasal 11 yaitu sepeda motor sebagaimana dimaksud dalam pasal 10 harus memperhatikan faktor keselamatan;
  2. Menambahkan kapasitas bagasi dengan memasang perangkat tertentu harus terpasang dengan baik dan kuat;
  3. Barang–barang bawaan tertata rapi;
  4. Sesuaikan barang bawaan dengan kapasitas dari alat bantu tersebut dan kemampuan motor;
  5. Pastikan perangkat bagasi terkunci;
  6. Parkir kendaraan ditempat yang aman dan mudah terpantau oleh pengendara; dan
  7. Utamakan keselamatan, bukan quantity.
Baca Juga :  All New Scoopy Diluncurkan di MBG

Pengendara akan dimudahkan dan aman dalam mobilitasnya, dengan memperhatikan hal tersebut, maka kualitas barangnya terjaga, dan kepuasan konsumen pun akan mudah didapatkan. Tentunya dalam berkendara tetap gunakan jaket dan helm serta prioritaskan #Cari_Aman untuk mengutamakan keselamatan.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini