Momentum Bulan Bakti Pramuka
Momentum Bulan Bakti Pramuka, Kwartir Cabang Denpasar Gelar Perlombaan Keterampilan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bulan Agustus telah ditetapkan sebagai Bulan Bakti Pramuka melalui SK Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 094 Tahun 2021, sehingga diharapkan jajaran Gerakan Pramuka, baik Kwartir, Gugus depan, Satuan Karya Pramuka dan Satuan Komunitas Pramuka, serta setiap Anggota Pramuka, dapat membantu dan meningkatkan kegiatan bakti masyarakat yang dimaksud.

Dalam rangka memeriahkan dan menyambut Hari Gerakan Pramuka ke-61 pada 14 Agustus mendatang, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Denpasar menggelar Perlombaan Keterampilan Pramuka Tingkat Golongan Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Agustus 2022 bertempat di Lapangan Taman Kota, Lumintang , Denpasar.

Perlombaan ini adalah kegiatan pertama setelah vakum atau tidak melakukan kegiatan selama dua tahun lebih akibat pandemi Covid-19. Perlombaan Keterampilan Pramuka Kwarcab Denpasar menjadi sangat semarak karena dihadiri oleh sekitar 500 orang Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega yang rindu akan kegiatan di alam terbuka.

Hal tersebut disampaikan Kakak I Gusti Lanang Jelantik, Ketua Harian Kwarcab Denpasar dalam sambutannya saat membuka Perlombaan Keterampilan Pramuka yang disambut tepuk tangan meriah dari seluruh peserta.

“Dua tahun kita vakum tidak berkegiatan tentunya kita semua sangat senang Pramuka di alam terbuka. Hari ini sungguh sangat semarak,” kata Lanang Jelantik.

Sebagai kelanjutan dari Bulan Bakti Pramuka tahun 2021, telah digagas suatu gerakan bersama dari para anggota Gerakan Pramuka di Indonesia untuk menjalankan janji pengabdiannya kepada negara dan bangsa secara nyata, terutama ikut aktif dalam menanggulangi pandemi Covid-19 dan Peringatan Hari Pramuka pada tahun 2022 kali ini mengusung tema besar, yaitu ‘Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa’. Bulan Bakti Pramuka dilaksanakan mulai tanggal 1-31 Agustus 2022. Kegiatan-kegiatan Bulan Bakti Pramuka dalam rangka Gerakan Pemulihan Indonesia dilaksanakan di seluruh jajaran Gerakan Pramuka di Indonesia.

Adapun perlombaan yang dilaksanakan Kwarcab Denpasar yaitu lomba mewarnai untuk pramuka golongan Siaga, lomba kreasi tongkat Pramuka dan membuat canang sari untuk Pramuka golongan penggalang. Sedangkan untuk golongan Penegak dan Pandega yaitu lomba Melilit Sate dan membuat gebogan bunga.

Sementara itu, sehari berselang Minggu, 7 Agustus 2022, Gerakan Pramuka Kwarcab Denpasar kembali kegiatan sosial yang dipusatkan di Pantai Matahari Terbit Sanur dengan melibatkan anggota Pramuka Penggalang dari Gugusdepan berpangkalan di SMP yang dekat dengan lokasi. Kegiatan bersih lingkungan ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka bulan bakti Pramuka sekaligus menyambut HUT Gerakan Pramuka ke-61 pada 14 Agustus 2022 mendatang.

Ketua Harian Kwarcab Denpasar menyampaikan, kegiatan bersih lingkungan kali ini bertujuan bagaimana anggota Pramuka ikut terlibat dalam menjaga alam sekitar sesuai dengan bunyi Dasa Dharma kedua yaitu Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia.

Ditempat terpisah, Kwarcab Denpasar juga mengadakan kegiatan sosial lainnya yaitu Donor Darah bertempat di SMP Pertiwi Denpasar dengan melibatkan PMI Provinsi Bali. Donor Darah ini merupakan donor darah pertama yang dilaksanakan Kwarcab Denpasar dengan target 50 kantong darah.

Sekretaris Kwarcab Denpasar, Drs. Made Arawan yang hadir saat pelaksanaan donor darah mengatakan melalui kegiatan sosial ini, Pramuka juga ikut berpartisipasi membantu PMI dalam menyiapkan darah bagi mereka yang membutuhkan.

“Donor darah ini pertama kali kami adakan dalam bulan bakti Pramuka. Semoga darah yang berhasil dihimpun, berguna bagi mereka yang membutuhkan,” kata Made Arawan.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini